Belajar Menggunakan CountDownLatch di Program Java

CountDownLatch adalah salah satu class library yang diperkenalkan sejak JDK 1.5,  dalam package  (java.util.concurrent) , yang dimana fungsinya sebagai bantuan sinkronisasi, yang memungkinkan satu atau lebih thread menunggu , untuk menyelesaikan  suatu task yang diberikan . 

Sebagai developer , kalian bisa menggunakan objek dari CountDownLatch , jika kalian menggunakan banyak thread untuk melakukan pekerjaan yang berbeda-beda , serta ingin tahu tepatnya semua task selesai , sehingga kalian dapat berpindah ke tahap selanjutnya.  Dengan kata lain , kalian dapat memblokir thread , sampai thread lain menyelesaikan task atau tugasnya. 


belajar cara contoh code penggunaan fungsi class countdownlatch di program java



Pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba membuat contoh penggunaan countdownlatch , di bahasa pemrograman java. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Kalian bisa perhatikan contoh code ,beserta penjelasannya di bawah:




Contoh Code :

contoh code penggunaan countdownlatch fungsi method countdown() await() di program java
Contoh Code

Penjelasan :

Pada contoh code program di atas , pertama-tama kita membuat class yang bernama Prosesor ,yang mengimplementasi interface Runnable.

Selanjutnya kita mendeklarasikan variable referensi latch ,  dari CountDownLatch ,yang akan dikembalikan nilainya di dalam constructor milik class Prosesor.

Lalu untuk menjalankan tasknya , kita menggunakan method  .run() , yang didalamnya kita mengeksekusi method Thread.sleep() , untuk menjeda selama 3 detik.

Kemudian kita gunakan method latch.countdown() , untuk decreement nilai count latch , yang akan menghitung mundur dari 3 2 1 0. Method ini akan melepaskan semua thread yang menunggu , sampai penghitung mencapai angka 0.


Pada class Aplikasi ,kita akan mencoba mengeksekusi program,  seperti biasa di dalam method main().

Pertama kita menginstansi objek baru latch , lalu menentukan hitungan 3, yang akan dikurangi nilainya oleh method countdown() , saat program dijalankan.

Selanjutnya ,kita mereferensikan variable service ,untuk mengatur aliran task , dari class ExecutorService.

Baca juga : Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java

Method newFixedThreadPool() , digunakan  untuk menentukan ukuran thread yang akan bekerja, yang dalam hal ini kita menggunakan 3 worker thread.


Lalu kita menggunakan looping for , untuk mensubmit 3 task ,dari 3 thread yang bekerja di thread pool.

Setelah itu , kita akan menggunakan method latch.await() ,yang digunakan untuk memblock main thread ,  atau thread saat ini  untuk sementara , sampai nilai count latch mencapai angka 0 , yang selanjutnya akan menampilkan output hasil Selesai.


Output :


Output Hasil contoh code penggunaan countdownlatch fungsi method countdown() await() di program java
Output Hasil


Loading...

Belum ada Komentar untuk "Belajar Menggunakan CountDownLatch di Program Java"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel