Tips Cara Menginstall & Menggunakan Plugin Exynap di Android Studio - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

Tips Cara Menginstall & Menggunakan Plugin Exynap di Android Studio

Exynap adalah adalah salah satu plugin di Android Studio ,yang fungsinya untuk membantu kalian mencari, dan mengimplementasi perintah baris code ,yang kalian perlukan secara cepat atau instant.
Sebagian dari kalian ,mungkin banyak yang belum tahu tentang plugin ini. Karena saya juga baru  menemukan plugin ini , setelah saya iseng-iseng mencari resource atau referensi di reddit , khususnya untuk komunitas android developer.

Plugin ini dikembangkan oleh seorang developer , yang bernama Andreas Schrade. Serta plugin ini menjadi salah satu plugin terbaik , dan direkomendasikan di Android Studio ,karena memiliki rating bintang 5, dan jumlah download yang mencapai 18 ribu lebih.
Tips Cara Menginstall & Menggunakan Plugin Terbaik Exynap di Android Studio

Pada artikel tentang tips dan trik kali ini ,kita akan mencoba menginstall  dan menggunakan plugin Exynap ,di Android Studio. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :



Menginstall Plugin  Exynap :


1. Pertama buka project Android Studio kalian.


2. Pada menu File  di pojok kiri atas , pilih Settings atau kalian bisa gunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt +S.


File > Settings Android Studio
File > Settings


3. Pada bagian Settings  kalian pilih Plugins > tombol Browse Repositories .

Plugins > Browse repositories Android Studio
Plugins > Browse repositories


4. Selanjutnya pada bagian  Browse repositories, kalian ketikan "exynap" pada kolom pencarian . Lalu pilih tombol Install.

Browse Repositories exynap android studio plugin
Browse Repositories


5. Setelah itu kalian tunggu proses download file plugin ,yang ukuranya sekitar 13 mb. Jika sudah selesai , kalian tinggal pilih tombol Restart Android Studio.

Browse Repositories exynap restart android studio plugin
Browse Repositories


Menggunakan Plugin  Exynap :


1. Setelah Android Studio di restart , akan muncul tampilan jendela pop-up ,yang menampilkan tutorial penggunaan plugin Exynap ini. Kalian bisa pilih tombol Next , untuk mengikuti tutorial selanjutnya.
Exynap - First Steps android studio
Exynap - First Steps

2. Untuk mengaktifkan atau menggunakan command(perintah) dari plugin ini , kalian bisa pergi code java.  Lalu kalian bisa  menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift + D.



3. Selanjutnya kalian bisa ketikan perintah code, yang ingin kalian implementasikan. Misalnya disini saya mencoba ingin mencari , dan mengetikan perintah mensetting actionbar, dengan keyword set actionbar. Lalu kalian tinggal pilih beberapa perintah, pada kolom sugesstion di bawahnya.



Contoh command exynap plugin android studio
Contoh command exynap


4. Secara otomatis ,akan muncul beberapa baris code , yang bisa kalian sesuaikan dengan project yang sedang kalian kerjakan. Lebih jelasnya kalian bisa perhatikan gambar di bawah:



Contoh baris code actionbar android studio
Contoh baris code


5. Selain itu juga,  kita bisa mengirimkan saran snippet atau perintah code , ke developer yang mengembangkan plugin ini. Caranya kalian bisa memilih menu Exynap , di samping menu Help. Lalu pilih Add snippet.


Exynap > Add Snippet android studio
Exynap > Add Snippet


Demikian artikel tips tentang Tips Cara Menginstall & Menggunakan Plugin Exynap di Android Studio. Semoga dengan adanya plugin ini , bisa memudahkan , kalian dalam melakukan pengembangan aplikasi di android studio.

Pastinya masih ada kekurangan di sana-sini ,yang dimana contoh baris code tidak 100% lengkap ,karena dibangun berdasarkan komunitas developer , dan juga developer yang mengembangkan plugin ini , menjadi lebih baik lagi kedepanya. Selengkapnya untuk informasi lebih lanjut terkait plugin ini , kalian bisa mengunjungi situs web resminya  disini

Terdapat plugin rekomendasi lainnya , yang fungsinya  hampir sama dengan Exynap, di Android Studio  , yang bernama Codota ,kalian bisa download di situs web resminya disini.


Tag : Android Studio,Plugin,Tips dan Trick Android Studio

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="2" data-matched-content-columns-num="4"
0 Komentar untuk "Tips Cara Menginstall & Menggunakan Plugin Exynap di Android Studio"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top