7 Tips dan Trik Tersembunyi Menggunakan VLC di PC atau Laptop - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

7 Tips dan Trik Tersembunyi Menggunakan VLC di PC atau Laptop

VLC adalah salah satu software atau aplikasi media player, yang dikembangkan oleh VideoLAN ,yang  digunakan oleh kebanyakan user atau pengguna ,  untuk memutar video di komputer ataupun android , yang berasal dari sebagian besar berkas multimedia seperti DVD, CD Audio, VCD, Bluray ,dan  dalam bentuk format file apapun , seperti misalnya mp4 ,mkv ,avi dan lain sebagainya. VLC dapat kita download secara gratis dan open source ,yang artinya bebas dikembangkan oleh siapa saja , dengan source code terbuka.


7 Tips dan Trik Fitur Rahasia Tersembunyi  Terbaik Menggunakan VLC di PC atau Komputer Laptop

VLC menjadi salah satu software atau aplikasi media player terpopuler ,yang banyak digunakan oleh user atau pengguna saat ini ,mengingat keunggulan yang diberikan VLC berbeda dengan software atau aplikasi media player lain ,yang mengusung konsep simple ,fast dan powerful. Selain untuk memutar video , ternyata VLC mempunyai fitur rahasia ,yang mungkin sebagian dari kalian , masih ada yang belum mengetahuinya.


Nah , pada artikel tips tentang komputer kali ini , saya akan membahas 7 Tips dan Trik  Terbaik Menggunakan VLC Media Player di PC atau Laptop. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :




1. Mengconvert File Video/Audio Menggunakan VLC

Tips dan Trik yang pertama ,dengan menggunakan VLC Media Player, kalian bisa mengconvert format file video ataupun audio , tanpa harus menginstall software atau aplikasi tambahan di PC atau Laptop kalian. Langsung saja ke caranya ,kalian bisa membuka program VLC di komputer , selanjutnya pada bagian pojok kiri atas kalian pilih menu Media > lalu pilih Convert / Save , atau kalian juga bisa menekan kombinasi tombol Ctrl + R dengan keyboard.


Mengconvert Konversi File Video atau Audio Menggunakan VLC Media Player
Pilih Convert/Save 


Pada jendela Open Media , khususnya pada bagian File , kalian pilih tombol Add.

Open Media VLC Media Player
Open Media

Disini kalian bisa pilih video yang ingin kalian konversi ,yang tersimpan di folder penyimpanan komputer. Sebagai contoh disini saya menggunakan video sample dengan format .mkv , yang nantinya akan dikonversikan ke dalam format .mp4. Jika sudah kalian tinggal pilih tombol Convert/Save , seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:



Memilih video yang ingin dikonversi VLC Media Player
Memilih video yang ingin dikonversi

Disini kalian bisa , mengatur tipe format file apa yang ingin kalian konversi ,pada bagian Profile , khususnya untuk tombol dropdown atau seperti icon tang disampingnya. 

Memulai proses konversi video Convert di VLC Media Player
Memulai proses konversi video

Setelah itu kalian tentukan  folder , untuk menyimpan file video hasil konversi , dengan memilih tombol Browse , pada bagian Destination file.  Lalu kalian simpan filenya ,dengan memilih tombol Save ,  disini kita namakan filenya dengan menambahkan ekstensi .mp4 , seperti pada gambar di bawah:



Menentukan untuk menyimpan hasil video konversi di VLC Media Player
Menentukan untuk menyimpan hasil video konversi


Jika sudah pilih tombol Start ,untuk memulai konversi video.

Kalian tunggu beberapa saat , untuk proses loading konversi.  Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah :


Sebelum dan Sesudah video konversi converti di VLC Media Player
Sebelum dan Sesudah video 


2. Streaming Video Youtube 

Tips dan Trik yang kedua ,kalian bisa menggunakan VLC Media Player ,untuk streaming video online Youtube ,ataupun situs web berbagi video online lainya. Caranya kalian bisa membuka program VLC di komputer ,lalu pilih menu Media > lalu pilih Open Network Stream atau menekan kombinasi tombol Ctrl + N


Media > Open Network Stream VLC Media Player
Media > Open Network Stream


Pada bagian Network , kalian masukan url link videonya pada kolom ,seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah. Jika sudah pilih tombol Play.


Network > Play VLC Media Player
Network > Play


3. Download Video Youtube 


Tips dan Trik ketiga ,kalian bisa mendownload video youtube menggunakan VLC Media Player. Caranya , kalian bisa lakukan dengan streaming video youtube terlebih dahulu , seperti yang sudah saya jelaskan seperti cara kedua di atas. Selanjutnya , jika sudah dimainkan videonya, kalian pilih menu Tools , lalu pilih Codec Information ,atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + J.


Tools > Codec Information VLC Media Player
Tools > Codec Information

Pada bagian Codec , kalian copy atau salin url link pada Location. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah.


Codec > Location VLC Media Player
Codec > Location

Kalian pastekan url linknya,  ke browser web yang kalian gunakan ,contohnya seperti Chrome. Nah dari situ secara otomatis,  kalian bisa download videonya.



4. Menggunakan fitur Snapshot (Screenshot)

Tips dan Trik keempat , kalian bisa menggunakan VLC Media Player ,untuk snapshot atau screenshot video kalian menjadi gambar. Caranya kalian bisa putar video ,yang ingin ditonton menggunakan VLC. Selanjutnya pilih menu Video , lalu pilih Take Snapshot. Hasil gambarnya dapat kalian lihat pada folder Picture , di Komputer atau Laptop kalian.


Video > Take Snapshot Mengambil Screenshot menggunakan VLC Media Player
Video > Take Snapshot


5. Menjadikan Video Sebagai Wallpaper

Tips dan Trik yang kelima , yaitu menjadikan video yang diputar menggunakan VLC Media Player , sebagai wallpaper , pada komputer atau laptop kalian. Caranya kalian bisa buka VLC ,dengan memutar video yang ingin kalian tonton. Selanjutnya kalian pilih menu Video , lalu pilih Set as Wallpaper. Hasilnya , wallpaper yang kalian gunakan saat ini ,akan digantikan menjadi video yang kalian sedang tonton.



Video > Set as Wallpaper  Menjadikan Video Sebagai Wallpaper menggunakan VLC Media Player
Video > Set as Wallpaper


6. Mengatur Efek Video dan Audio

Tips dan Trik yang keenam , yaitu dengan menggunakan VLC Media Player ,kalian bisa mengatur dan menyesuaikan efek video dan audio. Dengan cara memilih menu Tools , lalu pilih Effects and Filters , atau dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + E.

Tools > Effects and Filters VLC Media Player
Tools > Effects and Filters 


Pada bagian Adjustments and Effects , kalian bisa mengatur efek audio ,di menu tab Audio Effects , dan juga efek video , di menu tab Video Effects.


Adjustments and Effects > Audio Effects dan Video Effects
Adjustments and Effects > Audio Effects dan Video Effects 


7. Merekam Tampilan Desktop

Tips dan Trik yang ketujuh , kalian bisa merekam video aktivitas pada tampilan desktop ,dengan menggunakan VLC Media Player. Dengan cara memilih menu Media , lalu pilih Open Capture Device ,atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl + C.


Media > Open Capture Device Merekam Aktivitas Layar Tampilan Desktop PC Komputer Laptop menggunakan VLC Media Player
Media > Open Capture Device

Selanjutnya , kalian pilih mode Desktop pada bagian Capture Mode. Lalu tentukan frame rate , untuk proses capture. Jika sudah pilih Convert.


Open Media VLC Media Player
Open Media
Pada bagian Convert , disini kalian tinggal tentukan , folder tempat penyimpanan , dengan memilih tombol Browse pada kolom Destination file. Jika sudah pilih Start.



Convert di VLC Media Player
Convert

Jika kalian , ingin menyimpan atau memberhentikan rekaman , kalian tinggal pilih tombol Stop. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:


Tombol Stop di VLC Media Player
Tombol Stop


Dengan adanya fitur ini , kita juga tidak perlu menginstall software tambahan , untuk merekam aktivitas  pada tampilan desktop. Meskipun ,memang masih belum lengkap , karena memang VLC Media Player , sejatinya hanya untuk memutar video. Setidaknya , fitur ini sangat berguna , bagi kalian yang membutuhkanya.

Tag : Tips Komputer,VLC

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="2" data-matched-content-columns-num="4"
0 Komentar untuk "7 Tips dan Trik Tersembunyi Menggunakan VLC di PC atau Laptop"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top