7+ Tips Cara Meningkatkan Performa Komputer di Windows 10 - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

7+ Tips Cara Meningkatkan Performa Komputer di Windows 10

Kita semua tahu bahwa, Windows 10 merupakan salah satu produk sistem operasi  terbaru yang dimiliki oleh Microsoft. Berbagai macam update ,untuk peningkatan performa , perubahan atau penambahan fitur ,dan lain sebagainya , telah dirilis oleh Microsoft. Untuk kemudahan dan kenyamanan kita sebagai user atau pengguna pastinya. Namun ,seiring dengan lamanya penggunaan ,dari berbagai aktivitas yang sering kita lakukan di depan layar PC atau Komputer. Membuat kinerja atau performa Windows 10  mengalami penurunan.


7+ Tips Cara Meningkatkan Meringankan Mempercepat Kinerja Performa PC Komputer Laptop di Windows 10
Salah satu faktornya ,mungkin karena banyaknya software atau program aplikasi  yang tidak penting,  terinstall di komputer kita. Salah satu faktor lainya ,  mungkin karena kurangnya perawatan terhadap komputer kita. Untuk itu , pada artikel tips  komputer kali ini ,saya akan membahas tentang 7+ Tips Cara Meningkatkan Performa Komputer di Windows 10 ,tanpa menggunakan software atau program aplikasi tambahan lainya. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :







1. Update Versi Windows Terbaru



Windows Update Windows 10
Windows Update


Pertama , pastikan Windows 10 yang kalian gunakan adalah versi Windows 10 yang terbaru. Untuk mengecek versi Windows saat ini, kalian bisa lakukan dengan cara mengetikan keyword "winver" , pada kolom pencarian Start Menu di Windows 10. Untuk melakukan update , kalian bisa pilih Update & Security ,  di bagian Windows Setttings. Kenapa kita harus selalu melakukan Update ? Karena kemungkinan terdapat masalah peforma di versi Windows 10 sebelumnya. Jadi kita harus rutin melakukan update.


2. Setting ke High Performance

Kedua , untuk meningkatkan performa PC atau Komputer di Windows 10 , kita bisa  mensettingnya ke High Perfomance. Caranya  ,kita bisa lakukan dengan mengetikan "control panel" di kolom pencarian Start Menu Windows 10. Jika sudah muncul kalian pilih Control Panel. Seperti pada gambar di bawah :


Start Menu > Control Panel Windows 10
Start Menu > Control Panel

Selanjutnya kalian pilih Hardware and Sound  > pilih Power Options lalu setting ke mode High Performance ,seperti pada gambar di bawah. 


Control Panel > Hardware and Sound > Power Options Windows 10
Control Panel > Hardware and Sound > Power Options
Setelah itu , kalian pilih Change plan Settings lalu kalian pilih  Change advanced power settings.


Change advanced power settings Windows 10
Change advanced power settings
Pada bagian jendela Power Options , kalian setting khususnya di bagian Hardisk > Turn Off  hardisk after > Setting  menjadi  = 0.


Power Options > Advanced Settings Windows 10
Power Options > Advanced Settings 


Selanjutnya  kalian setting lagi di bagian Processor power management > Minimum processor state > Setting menjadi = 0, dan pada Maximum processor state > Setting menjadi = 100. Jika sudah pilih OK.

Power Options > Advanced Settings Windows 10
Power Options > Advanced Settings 


Jika kalian ingin mengembalikan ke settingan default , kalian tinggal pilih Restore plan defaults.


Dengan mensetting PC atau Komputer kita ke mode High performance , dan mengaturnya pada Power Options , akan memaksa hardisk dan processor bekerja lebih keras dari biasanya. Dengan mengorbankan temperatur atau suhu daya yang meningkat dari batas normal. Jadi pastikan kalian  mensettingnya , jika diperlukan saja ,seperti saat kalian bermain game ,atau melakukan aktivitas pekerjaan membuka program aplikasi berat lainya. 


3.  Menggunakan Defragment and Optimize

Ketiga ,yaitu dengan menggunakan fitur Defragment and Optimize di Windows 10.  Caranya , dengan mengetikan "defragment and optimize drives" di kolom pencarian Start Menu Windows 10. Lalu pilih Defragment and Optimize.



  Start Menu > Deftragment and Optimize Drives Windows 10
Start Menu > Deftragment and Optimize Drives


Selanjutnya , kalian tinggal pilih HDD atau hardisk yang kalian analisis dan optimasi, dengan memilih tombol Analyze dan Optimize.

Optimize Drives Windows 10
Optimize Drives


Dengan fitur ini , akan mengoptimasi hardisk kalian , dan membantu PC atau Komputer kalian berjalan lebih efisien. Sebenarnya fitur ini sudah terjadwal , secara default , kalian bisa mengaturnya lagi dengan memilih Change Settings.



4. Menonaktifkan program Startup


Task Manager > Startup Windows 10
Task Manager > Startup

Keempat , dengan menonaktifkan program startup ,yang tidak diinginkan. Kalian bisa lakukan dengan cara klik kanan pada Taskbar , lalu pilih Task Manager .

Pada bagian Task Manager , kalian pilih tab Startup , lalu kalian pilih program aplikasi ,yang ingin kalian matikan ,dengan memilih tombol Disable. Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses loading Windows 10, dan program tidak berjalan saat proses startup , ketika PC atau Komputer pertama kali dihidupkan.



5. Setting Visual Efek

Kelima ,dengan mensetting tampilan visual efek di Windows 10. Caranya ,dengan mengetikan "system" pada di kolom pencarian Start Menu Windows 10. Lalu pilih System jika sudah muncul.


Start Menu > System Windows 10
Start Menu > System

Pada bagian System , kalian pilih Advanced system settings , lalu pilih tab Advanced , pilih Settings.  Pada tab Visual Effects , kalian pilih Adjust for best performance. Jika sudah pilih OK. Lebih jelasnya , kalian bisa lihat seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah:


Advanced system settings > System Properties > Performance Options Windows 10
Advanced system settings > System Properties > Performance Options

Atau kalian juga bisa mengatur,  dengan menceklist atau unceklist ,untuk mengurangi tampilan visual efek yang kalian inginkan , dengan memilih Custom.



6. Uninstall Program yang Tidak Penting


Control Panel > Programs > Programs and Features Windows 10
Control Panel > Programs > Programs and Features

Keenam , dengan menghapus atau menguninstall program aplikasi yang tidak penting. Terkadang kita suka menginstall beberapa program aplikasi tidak penting , yang ada di komputer kita. Untuk itu , kita harus menguninstallnya ,agar tidak memperberat kinerja atau performa komputer kita. Kalian bisa masuk ke Control Panel > Programs > Programs and Features , lalu cari program aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Jika sudah pilih Uninstall.


7. Menggunakan tool Disk Cleanup



Disk Cleanup > Clean up system files Windows 10
Disk Cleanup > Clean up system files


Ketujuh, dengan menggunakan tool Disk Cleanup , yang secara default atau bawaan sudah ada di Windows 10. Aplikasi tool ini berguna untuk membersihkan file junk atau sampah , yang berada pada sistem di Windows 10. Ini biasanya kita lakukan, jika penggunaan hardisk kita sudah terlalu penuh , sehingga perlu dibersihkan , agar memperingan kinerja atau performa sistem di Windows 10.

Caranya kalian bisa ketikan "disk cleanup" , pada kolom pencarian di Start Menu di Windows 10. Jika sudah muncul pilih Disk Cleanup , lalu pilih partisi hardisk (Contoh : Local Disk C atau D) yang ingin kalian bersihkan sistemnya. Selanjutnya , pilih Cleanup System files.


Kalian juga bisa mengakses aplikasi tool ini ,dengan klik kanan Properties pada partisi hardisk yang dipilih. Kalian tinggal pilih tombol Disk Cleanup , di bagian General.

Tambahan :

Matikan Fitur Tidak Penting di Privacy



Windows Settings > Privacy Windows 10
Windows Settings > Privacy

Sebagai tambahan  ,kita juga bisa mematikan beberapa fitur yang tidak penting,  di bagian Privacy pada Windows 10. Caranya , kalian bisa masuk ke bagian Windows Settings > pilih Privacy > Selanjutnya ,kalian scroll  ke bawah  pada App permissions , pilih beberapa fitur yang sekiranya kalian tidak gunakan. Seperti menonaktifkan Background apps , Radio ,Call History , dan lain sebagainya.


Meskipun cara ini tidak terlalu signifikan , tapi setidaknya sedikit meningkatkan performa atau kinerja komputer kita


Restart PC atau Komputer

Terkadang kita hanya perlu , restart komputer , agar kinerja atau performa kembali lancar. Biasanya , cara ini dilakukan ketika komputer ,mengalami freeze (stuck) pada layar monitor ,untuk itu kita perlu restart agar menjadi normal kembali.



0 Komentar untuk "7+ Tips Cara Meningkatkan Performa Komputer di Windows 10"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top