3 Software IDE Tool Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

3 Software IDE Tool Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java

Saat kita ingin memulai belajar,  membuat dan mengembangkan program , menggunakan bahasa pemrograman java. Pertama-tama setelah kita berhasil Menginstall dan Setting PATH JDK  , Selanjutnya kita pasti membutuhkan adanya IDE , yang terinstall di PC atau Komputer kita. Sebelum itu , mungkin kalian juga bisa mencoba Menjalankan Program Java lewat CMD(Command Prompt) , sebagai latihan awal.

Integrated Development Environment atau biasa disingkat IDE , adalah software aplikasi ,yang disediakan untuk para programmer komputer , dalam menggunakan bahasa pemrograman seperti java, untuk pengembangan software. Sebenarnya , terdapat banyak jenis atau macam-macam IDE yang bisa kita gunakan ,untuk belajar pemrograman Java. Namun , berdasarkan referensi dan riset dari para programmer di internet ,saya bisa katakan terdapat 3 Software IDE Tool Terbaik , untuk belajar membuat dan mengembangkan program Java. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut:

3 Software IDE Tool Terbaik Yang dibutuhkan Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java



1. Netbeans

Sekilas sejarah tentang Netbeans , dulunya bernama Xelfi , yang berawal dari projek mahasiswa, di negara yang sekarang bernama Republik Ceko , tepatnya pada tahun 1996. Netbeans adalah salah satu IDE yang terkenal di kalangan programmer , khususnya di Indonesia, yang digunakan untuk belajar pemrograman Java. Netbeans juga mendukung beberapa bahasa pemrograman ,seperti PHP ,C++ , Java Script ,dan lain sebagainya , serta beberapa dukungan frameworks. 

Netbeans juga dikembangkan sebagai project Open Source , yang artinya kalian secara bebas (gratis) , mengembangkanya untuk keperluan commercial(bisnis) dan non-commercial (bukan bisnis). Netbeans juga mempunyai komunitas pengguna dan developer ,yang tersebar di seluruh dunia.



Tampilan User Interface Netbeans IDE Java
Tampilan User Interface Netbeans IDE


Netbeans juga mendukung teknologi Java terbaru , dan juga merupakan IDE resmi yang mendukung Java 8.  Dengan menggunakan editor , code analyzer , dan converter , kalian bisa secara cepat dan lancar , mengupgrade program aplikasi kalian , dengan memakai bahasa baru yaitu  Java 8 ,seperti lambda, operasi fungsional , dan beberapa referensi method.

Netbeans juga dapat berjalan di sebagian besar ,sistem operasi lewat Java Virtual Machine (JVM), seperti Windows , Mac OS , dan Linux.

Netbeans mengatur fitur dan komponen platform ,seperti berikut :


  • Interated development tools 
  • User settings
  • Storage 
  • Windows 
  • Framework wizard

Netbeans menggunakan komponen ,atau bisa disebut juga modul , untuk mengaktifkan pengembangan software atau perangkat lunak. Netbeans secara dinamis menginstall modul dan memungkinkan user atau pengguna mendownload fitur yang diperbarui dan peningkatan yang diatutentikasi secara digital.

Beberapa modul dari Netbeans , seperti Netbeans Profiler , a Graphical User Intreface (GUI) design tool dan Netbeans JavaSCript Editor.

Kalian bisa mendownload Netbeans IDE  disini.

(reference)


Baca juga :  Belajar Membuat Program Pertama Hello World Java di Netbeans

2. Eclipse


Sekilas sejarah tentang Eclipse ,mulai dikembangkan pada tahun 2001 , oleh IBM (International Business Machines)  , yang ditujukan untuk menggantikan software atau perangkat lunak  IBM Visual Age for Java 4.0. Setelah itu dan sampai saat ini,  Eclipse telah diambil alih oleh Eclipse Foundation, untuk mengembangkan Eclipse selanjutnya ,serta mengatur beberapa organisasinya.

Eclipse juga merupakan salah satu IDE ,untuk pengembangan software ,berbasis Java yang mempunyai beberapa fitur yang sama dengan Netbeans.  Seperti multi platform , multi language , dan multi role.

  • Multi-Platform : Memungkinkan Eclipse ,dapat dijalankan di berbagai sistem operasi ,seperti  Windows , Linux ,dan Solaris.
  • Multi-Language : Memungkinkan Eclipse , dapat mendukung bahasa pemrograman selain Java , seperti : Cobol C/C++,PHP ,Perl,  Python, dan masih banyak lagi yang lainya.
  • Multi-Role : Memungkinkan Eclipse , dapat memiliki banyak kegunaan ,seperti untuk dokumentasi , test software atau perangkat lunak , pengembangan web ,dan lain sebagainya.



Tampilan User Interface Eclipse IDE Java
Tampilan User Interface Eclipse IDE

Dulunya Eclipse juga digunakan untuk pengembangan Aplikasi Android , namun setelah itu Google secara resmi ,menggantinya dengan Android Studio ,yang termasuk IDE resmi ,untuk membuat dan mengembangkan Aplikasi Android.

Kalian bisa mendownload Eclipse IDE disini.

Baca juga : Belajar Membuat Program Pertama Hello World Java di Eclipse

3. IntelliJ IDEA

Sekilas sejarah tentang IntelliJ IDEA , dikembangkan  oleh Jetbrains ,yang sebelumnya dikenal sebagai IntelliJ. Versi pertamanya dirilis pada awal tahun 2001, serta  merupakan IDE untuk Java pertama ,yang menyediakan code navigasi dan juga kemampuan untuk refactoring code. Pada tahun 2014 , Google secara resmi mengumumkan IDE resmi ,untuk pengembangan Aplikasi Android berbasis IntelliJ IDEA , yang bernama Android Studio.

IntelliJ IDEA adalah salah satu IDE untuk pengembangan program aplikasi Java ,yang mungkin masih kalah populer , dibandingkan Netbeans dan Eclipse, khususnya untuk para programmer atau pengguna di Indonesia.

Namun bagi kalian ,yang ingin mengembangkan Aplikasi Android ,dengan bahasa Java atau Kotlin . Saya rekomendasikan untuk menggunakan  IntelliJ IDEA, sebagai pembiasaan alur pemrograman awal.


Tampilan User Interface IntelliJ IDEA Java
Tampilan User Interface IntelliJ IDEA

Baca juga : Belajar Membuat Program Hello World Java di IntelliJ IDEA

Intellij IDEA juga dapat dijalankan pada sistem operasi ,seperti Windows ,Mac OS ,dan Linux. Serta tersedia untuk para professional developer , untuk versi yang bernama Ultimate (Berbayar) , dan Community (Gratis dan Open Source).


Kalian bisa mendownload Intellij IDEA disini.


Ketiga Software IDE tools diatas ,pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari sisi kenyamanan developer atau programmer ,dalam mengembangkan program aplikasi , untuk berbagai keperluan. Setidaknya , ini bisa jadi referensi untuk kalian , yang membutuhkan IDE untuk belajar bahasa pemrograman Java.

0 Komentar untuk "3 Software IDE Tool Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top