Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java

Pada artikel belajar java kali ini, kita akan membuat contoh program menampilkan bilangan prima 1 sampai 100, menggunakan bahasa pemrograman Java. Seperti yang kita tahu , dalam materi pelajaran matematika yang kita jumpai saat di sekolah. Bilangan asli yang lebih besar dari 1 , dan juga yang merupakan faktor pembaginya 1 atau bilangan itu sendiri termasuk ke dalam bilangan prima. Jika kita gunakan cara manual , untuk menghitung atau menentukan bilangan prima kita bisa menambahkan angka 6 dari angka 5 dan 7. Jika bilangan akan habis di bagi 5 dan 7 , maka bilangan tersebut bukan termasuk bilangan prima. Nah,  bagaimana jika kita coba terapkan di dalam program Java. Berikut selengkapnya mari kita simak.



Contoh Program Menampilkan Mencari Nilai Angka Bilangan Prima 1-100 di Java





1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code:


Contoh Code Program Bilangan Prima 1-100 Java
Contoh Code Bilangan Prima 1-100



Penjelasan :


Pada  baris code pertama ,kita menginisialisasi variable index , angka , dan bilanganPrima.

Selanjutnya , disini kita akan gunakan ,nested looping , yang dimana looping for di bagian dalam (inner) , di eksekusi terlebih dahulu. Setelah itu baru looping for di bagian luar (outer).

Lalu, kita akan gunakan looping for  bagian luar (outer) ,yang menampilkan index  , secara berulang, dari 1 sampai 100, dan juga kita  inisialisasi variable counter , secara default nilainya 0.  Jadi disini kita akan mencari bilangan prima dari range 1 sampai 100.

Di dalam looping for bagian dalam (inner) , kita akan samakan nilai dari index sama dengan angka. Kondisi jika nilai dari var angka lebih dari atau sama dengan 1 , maka nilainya akan berkurang 1. Jadi di dalam looping for bagian dalam (inner) ini  , akan berfungsi untuk  tidak menampilkan (hilang dari output) yang bukan termasuk bilangan prima. 

Di dalamnya  lagi , kita gunakan kondisi if , yang dimana jika nilai dari index dan angka habis di bagi , atau sisa baginya = 0. Maka nilai dari variable counter akan bertambah 1. Sebaliknya , jika nilai dari index dan angka , tidak habis di bagi. Maka bilangan tersebut termasuk bilangan prima. Nilai dari  variable counter akan tetap = 0.

Contoh misal , kita menampilkan bilangan prima dari range 1 sampai 10. Maka output hasilnya , akan menampilkan : 2, 3 ,5, 7.  Sisanya berarti yang bukan termasuk bilangan prima : 4 , 6,8,9,10. Kenapa bukan termasuk bilangan prima ?  Karena 4 , akan habis di bagi dengan 2 , 6 akan habis dibagi dengan 3 atau 2 , 8 akan habis di bagi dengan 4 atau 2 ,9 akan habis di bagi 3, dan 10 akan habis dibagi dengan 5 atau 2.  

Begitu juga seterusnya  sampai range 100 ,seperti contoh code program diatas.

Jika kalian belum paham ,tentang pembagian dan sisa bagi kalian bisa baca artikel sebelumnya :



Selanjutnya , bilangan prima akan di awali dengan angka 2 , seperti pada code kondisi if counter == 2.

Lalu , hasil dari nilai bilangan prima akan di simpan ke variable  bilanganPrima. Jadi setiap bilangan  prima ,yang dimana tidak akan habis di bagi , akan ditampilkan pada output hasil.

Setelah itu , tampilkan output hasilnya.

Output :

Output Hasil Bilangan Prima Java 1-100
Output Hasil
Tag : Contoh Program Java,Tutorial Belajar Java

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="2" data-matched-content-columns-num="4"
0 Komentar untuk "Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top