Tips Cara Melindungi PC dari Ransomware dengan Windows Defender - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

Tips Cara Melindungi PC dari Ransomware dengan Windows Defender

Ransomware adalah salah satu virus (Malware : Malicious Software) yang sangat berbahaya ,yang menyerang para pengguna Komputer di seluruh penjuru dunia , lewat jaringan Internet. Cara kerja virus ini akan menyebar lalu menyerang , dengan cara memblokir atau mengenkripsi data-data penting kalian, lalu akan menampilkan sebuah pesan, menawarkan  tebusan dengan menggunakan uang internet (bitcoin) ,yang dimana jika kita membayar tebusan tersebut ,maka data-data penting kita akan di buka dan di amankan kembali. Namun ,sebagai pengguna Komputer dan Internet ,yang cukup lama ,mungkin kita tidak mudah begitu saja ,meng-iyakan si penyebar virus ,dengan membayarkan tebusan yang diminta. Apalagi menggunakan mata uang bitcoin yang tidak sedikit. Alangkah baiknya , sebelum hal itu terjadi, kita harus mencegah supaya, Komputer kita tidak terserang  oleh Virus ransomware tersebut.



Tips Cara Melindungi PC dari Ransomware dengan Windows Defender



Nah , bagi kalian yang menggunakan OS Windows 10 di komputer atau laptop. Kalian tidak perlu khawatir ,untuk mencegah Ransomware ,atau bisa disebut juga WannaCry ini . Karena dengan menggunakan salah satu fitur di Windows Defender ,yang telah tersedia secara bawaan (default) di Windows 10.  Kita dapat melindungi data atau folder penting kita ,untuk mencegah serangan terjadinya Ransowmare. Pada artikel tips kali ini , saya akan membagikan Tips Cara Melindungi PC dari Ransomware dengan Windows Defender. Berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama ,pastikan versi Windows 10 kalian sudah yang terbaru.

2.  Buka bagian Windows Settings ,  lewat Start Menu ,dengan memilih icon gerigi atau mengetikan keyword Settings.


Start Menu > Settings Windows 10
Start Menu > Settings




3. Di bagian Windows Settings , kalian pilih Update & Security 

Windows Settings Update & Security Windows 10
Windows Settings


4.   Lalu di bagian Update & Security  , kita pilih tab menu sebelah kiri Windows Defender, pilih Open Windows Defender Security Center.


Windows Defender Windows 10
Windows Defender


5. Kalian pilih icon  Virus & Threat Protection , lalu pilih Virus & Threat Protection Settings.



Virus & threat protection Windows 10
Virus & threat protection



6.  Selanjutnya , kalian scrooll kebawah di bagian Controlled Folder access , kalian aktifkan dengan menslide ke on.

Controlled folder access Windows 10
Controlled folder access


Kalian juga bisa memilih folder tambahan yang dapat dilindungi lewat fitur ini , dengan memilih Protected folders. Jika Aplikasi atau Program kalian,  di blokir lewat  fitur ini , kalian bisa mengijinkanya dengan cara memilih Allow an app through Controlled folder access.


Jika komputer atau laptop  , kalian  menggunakan  OS Windows 7 , kalian bisa membaca artikel sebelumnya, yang pernah saya posting.

Baca  :   5 Tips Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) di OS Windows 7

0 Komentar untuk "Tips Cara Melindungi PC dari Ransomware dengan Windows Defender"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top