Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java

JDK , JRE , dan JVM merupakan komponen penting yang ada di bahasa pemrograman Java. Ketiganya mempunyai peran masing-masing ,saat kita ingin memulai atau sedang mengembangkan Software. Baik itu untuk Aplikasi Desktop , Enterprise , Web ataupun untuk Mobile. Diantara ketiganya , kalian mungkin sudah mengenalnya ,namun masih belum begitu memahaminya. Untuk itu , pada artikel belajar java kali ini , kita akan belajar mengenal perbedaan antara JDK , JRE dan JVM  di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut  :


Belajar Mengenal Apa itu Perbandingan Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java



JVM ( Java Virtual Machine)

JVM adalah mesin abstrak yang merupakan salah satu komponen dari system Java , yang akan menerjemahkan (interpreter) dan mengeksekusi instruksi dari  file .class. JVM tidak mengenal atau tidak tahu apa-apa tentang bahasa pemrograman Java. Jadi JVM hanya mengenal format biner tertentu , lalu mengeksekusinya saat (Run Time) , dari file yang berformat .class , yang sudah di terjemahkan oleh Java Compiler , pada saat (Build Time). Untuk lebih jelasnya kalian bisa perhatikan pada gambar dibawah:




Alur Eksekusi Program Java
Alur Eksekusi Program Java



JVM banyak tersedia di banyak software dan hardware . JVM juga tidak hanya menjalankan perintah dari bahasa pemrograman Java saja , namun juga bahasa pemrograman lain , seperti scala, phyton , ruby dan lain sebagainya. Sepanjang format file berupa .class , JVM akan selalu dapat mengeksekusinya , apapun bahasa pemrogramanya.



Struktur Alur Kerja Java Virtual Machine
Java Virtual Machine 

Beberapa tugas utama dari JVM yaitu:

  • Meload code
  • Memverifikasi code
  • Mengeksekusi code
  • Menyediakan ruang lingkup saat program berjalan

JRE ( Java Runtime Environment)

Sebelum di akuisisi oleh Oracle, JRE dulunya dikembangkan oleh Sun Microsystem Inc. JRE adalah implementasi dari JVM ,yang digunakan untuk menyediakan ruang lingkup untuk kumpulan library, yang digunakan untuk bahasa pemrograman Java. Bisa disebut juga ini merupakan kombinasi dari  Java Virtual Machine ,  inti platform , dan dukungan library. JRE merupakan bagian dari JDK , namun masih bisa di download secara terpisah. 

Jadi jika kalian hanya ingin menjalankan program Java di browser atau komputer , kalian hanya perlu menginstall JRE. Di sisi lain , jika kalian berencana untuk mengembangkan program Java, kalian juga wajib install JDK terlebih dahulu.


JDK (Java Development Kit)

JDK adalah Software development environment yang berisi tools-tools   yang dibutuhkan,  untuk pengembangan Aplikasi Java dan Applets. Beberapa tools yang tersedia di JDK, sudah termasuk JRE , interpreter ,compiler, archiver ,dokumentasi generator , dan juga tools lain yang digunakan untuk pengembangan Java. Saat ini versi JDK yang terbaru , sudah mencapai versi 9. Namun saat ini masih banyak yang menggunakan JDK versi 8 , khususnya untuk pengembangan Aplikasi Android.  Selengkapnya jika kalian , ingin tahu struktur tools yang ada di JDK , kalian bisa perhatikan gambar di bawah:




Java SE technologies
Java SE technologies (source )




0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top