Belajar tentang Method di Bahasa Pemrograman Java - Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android
Okedroid | Situs Blog Belajar Pemrograman Java Android

Belajar tentang Method di Bahasa Pemrograman Java

Method (dikenal juga sebagai Function atau Prosedur) adalah suatu perintah kode , yang diberi nama untuk dijalankan di dalam sebuah program Java. Method merupakan sebuah cara untuk mempermudah programmer , dalam mengelompokan sebuah baris code atau pernyataan(statement). Jadi dengan Method , kita bisa menjalankan beberapa baris code atau pernyataan sekaligus , hanya dengan memanggil (calling) nama method tersebut. Hal ini  agar program kita terlihat terstruktur dan efisien.






Contoh code program dari penerapan method di java:


Contoh Method Java
Contoh Method 


Output :

Nama saya Okedroid
Saya adalah seorang Blogger


Seperti yang kalian lihat , dari Contoh syntax program diatas. Dengan method kita hanya memanggil nama method dari cetakInfo() . Untuk menampilkan dua baris perintah atau statement , yang berfungsi  menampilkan text di layar output.

Penting untuk diketahui , kita harus memahami perbedaan antara mendefinisikan (Defining) method dengan  memanggil (Calling) method.


  • Mendefinisikan (Defining) method artinya , kita memberi nama dari grup code , tapi tidak menjalankan code program , yang berada di dalam grup code tersebut. Mendefinisikannya di dalam class.

   
               
public void cetakInfo() {
System.out.println("Nama saya Okedroid ");
System.out.println("Saya adalah seorang Blogger");
}


  • Memanggil (Calling) method artinya memanggil grup code,  dan menjalankan code program  di dalamnya , berdasarkan nama yang telah di definisikan. Memanggilnya menggunakan object.

ctk.cetakInfo();


Method dapat menyimpan suatu nilai/values yang disebut parameters, yang mana dapat diakses ketika dijalankan. Sedangkan jika kita ingin menentukan nilai dari parameter tersebut ,disebut argument saat method dijalankan. Dimana argument nilai atau valuenya, harus sesuai berdasarkan tipe data yang ada di parameters.

Jadi : Paramater : ditentukan saat method di definisikan , Argument : ditentukan saat method di panggil 



Contoh code program:


Contoh Method Void Java
Contoh Method Void


 Output:

Hi Okedroid


Terdapat 2 jenis method yang perlu kalian ketahui, Method void dan Method non void. Method yang menggunakan keyword void , yang contoh syntaxnya seperti yang ada di atas, adalah method yang di buat agar tidak dapat mengembalikan nilai. Sedangkan method non void , method yang tidak menggunakan keyword void ,merupakan method yang dapat mengembalikan nilai.


Serta method non void wajib menggunakan keyword return , dan tipe data nya harus sama dengan nilai yang akan dikembalikanya (return). Keyword return value dapat disimpan ke dalam variable , lalu digunakan di dalam program.Keyword return juga berguna untuk mengakhiri statement di dalam method tersebut. Jadi ketika kita membuat statement di bawah return ,maka code akan erorr.



Contoh code program method non void :

Contoh Method Non Void Java
Contoh Method Non Void


Baca juga selanjutnya :  Belajar tentang Looping (Perulangan) di Bahasa Pemrograman Java

Tag : Tutorial Belajar Java

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="2" data-matched-content-columns-num="4"
0 Komentar untuk "Belajar tentang Method di Bahasa Pemrograman Java"

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top