Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java

Builder adalah salah satu contoh konsep design pattern ,yang dapat digunakan untuk membangun objek kompleks  ,yang memiliki banyak atribut. Suatu contoh kasus ,ketika kita ingin menampilkan semua nilai dalam satu objek ,yang tidak bisa dilakukan oleh pattern lain , seperti factory pattern dan abstract factory ,karena keterbatasan penggunaanya, kita bisa menggunakan pattern ini sebagai cara alternatif. Untuk penerapanya juga tergolong sederhana , karena kita hanya membuat 1 static class saja di dalam class utama ,kita buat atribut dan method yang diperlukan di dalamnya. Lalu kita buat dan panggil objek lewat class client(Main Class) setelah itu. Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan mencoba membuat contoh penggunaan dari builder pattern ini di bahasa pemrograman java . Berikut mari kita simak lebih lanjut:

Contoh Builder Design Pattern di Java adalah




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Berikut contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:

Contoh Code :


Makanan.java




Penjelasan :

Disini sebagai contoh kasusnya adalah ,dengan membuat sebuah menu pesanan makanan,  di sebuah warteg. Masalahnya adalah bagaimana kita membuat suatu objek , yang mendefinisikan semua nilai,  tanpa menggunakan banyak argument dalam satu constructor ,serta mencegah terjadinya data atau nilai yang tidak valid ,jika kita menyatukan semua nilai di dalam satu constructor ,karena tipe data yang sama.

Untuk itu kita perlu menggunakan pattern Builder ini ,sebagai solusinya.
Pada contoh code diatas , kita mendeklarasikan variable atau atribut yang akan digunakan di class Makanan. Setelah itu kita buat static class Builder  , di dalam class Makanan.

Lalu di dalam block class Builder , kita mendeklarasi variable atau atribut untuk builder , setelah itu kita gunakan method dari class Builder , yang akan mengembalikan nilainya ke class (return this).


Setelah itu kita gunakan , method build()  , untuk menyalin semua nilai , dari variable atau atribut yang ada di dalam  class Builder  ,ke class Makanan. 

Selanjutnya lagi ,kita buat constructor mode private , di class Makanan. Agar tidak dapat di akses secara langsung oleh class client,yang dimana kita akan menggunakan method dari   class Builder , untuk mendefinisikan nilainya.

Kita menggunakan ,method override toString() , untuk mencetak hasil output.



Main.java(Main Class)


Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat pada contoh code diatas, jika kita biasanya menggunakan constructor , atau lewat objek untuk mendefinisikan nilai. Dengan menggunakan Builder pattern ini,  kita bisa mendefinisikan nilai secara langsung , saat kita menginstansiasi objek.


Output:

Makanan{nopesanan=11435, nasi='Nasi Putih', lauk='Tahu Tempe', minum='Teh Tawar', pakeSambel=false, pakeKuah=true}


Sebenarnya ada banyak lagi versi lain,  dari penerapan Builder pattern ini. Namun  ,setidaknya ini bisa menjadi salah satu contoh , gambaran tentang penggunaanya ,di dalam bahasa pemrograman Java.


0 Komentar untuk "Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->