Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern

Saat kita melakukan pengembangan pada project software atau aplikasi. Umumnya ,seorang developer menemui masalah yang selalu sama terus-menerus ,saat melakukan aktivitas penulisan baris code atau coding. Untuk itu , kita butuh adanya solusi ,untuk masalah tersebut , yang dimana solusi tersebut sudah ditemukan oleh penemu-penemu pada jaman dahulu lewat riset yang bertahun-tahun lamanya ,solusi tersebut bernama Design Pattern.

Design Pattern adalah sebuah pola desain (best practice) untuk  solusi dalam  memecahkan masalah secara umum pada pengembangan software atau aplikasi ,yang hampir pasti setiap developer temui.  Design pattern , ibarat sebuah konsep  atau template , yang dapat kita terapkan dan digunakan ke dalam bahasa pemrograman. Penggunaan design pattern ini juga situasional ,jadi tergantung masalah yang kita temui saat kita melakukan pengembangaan. Serta untuk tahap implementasinya ,design pattern hanya efektif , jika developer telah menemui masalah sebelumnya, lewat proses trial dan erorr, saat melakukan pengembangan software ataupun aplikasi.

belajar apa yang dimaksud dan contoh manfaat jenis macam desing pattern java adalah



Kenapa harus Design Pattern?

Manfaat Design Pattern:
  • Baris code lebih terstruktur rapi ,serta mudah dibaca dan dipahami ,sehingga kita dapat menggunakanya kembali sewaktu-waktu.
  • Kita dapat menyerahkan projek kita ke developer lain untuk dilanjutkan ,yang pasti syaratnya developer tersebut harus mengetahui tentang design pattern.
  • Kita dapat menyelesaikan masalah pengembangan software atau aplikasi  secara umum.
  • Meningkatkan efesiensi waktu dalam pengembangan software atau aplikasi, karena kesalahan yang sebelumnya terus berulang-ulang sudah teratasi.



Jenis-jenis Design Pattern 

Berdasarkan pada buku yang di prakarsai oleh "Gang of four" yang berjudul "Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software"serta beberapa tambahanya . terdapat 25 pattern yang bisa kalian pelajari. Lalu dari jumlah pattern tersebut di bagi menjadi 3 kategori yaitu structural pattern ,creational pattern ,dan behavior pattern . Berikut lebih lengkap jenis-jenisnya:



1. Creational Pattern

Pola desain ini berkaitan dalam hal pembuatan objek atau instansi.

  • Singleton Pattern
  • Factory Pattern / Factory Method
  • Abstract Factory Pattern
  • Prototype Pattern
  • Builder Pattern
  • Object Pool Pattern

2. Structural Pattern

Pola desan ini menyediakan pendekatan atau cara berbeda , dalam hal merestrukturisasi class , seperti penggunaan pada pewarisan (inheritance) dan komposisi(susunan) dalam membuat objek yang besar dari objek yang kecil. Pola desain ini berkaitan tentang bagaimana sebuah class dan objek dapat di susun ,untuk membentuk struktur yang lebih besar.


  • Adapter Pattern
  • Bridge Pattern
  • Composite Pattern
  • Decorator Pattern
  • Facade Pattern
  • Flyweight Pattern
  • Proxy Pattern


3. Behavior pattern

Pola desain ini berkaitan tentang interaksi dan respon antar objek.

  • Chain of Responsibility Pattern
  • Command Pattern
  • Interpreter Pattern
  • Iterator Pattern
  • Mediator Pattern
  • Memento Pattern
  • Observer Pattern
  • State Pattern
  • Strategy Pattern
  • Template Pattern
  • Visitor Pattern
  • Null Object

Salah satu contoh kecil permasalahan yang dapat kalian lihat ,seperti pada contoh code ,beserta penjelasanya dibawah:


Contoh Code:




Penjelasan :

Jika kalian perhatikan pada contoh code diatas, kita menempatkan semua method pada satu objek atau bisa disebut "DewaObjek" , ini merupakan salah satu praktek yang buruk saat kita melakakuan coding,yang dimana contoh ini biasa di sebut Anti-Pattern. Disini kita menempatkan semua operasi method ke dalam satu objek. Solusi yang dapat kita lakukan yaitu , dengan cara membagi masalah besar menjadi beberapa bagian dari masalah yang kecil. Jika kita memecahkan masalah kecil ,otomatis masalah besar akan terselesaikan.


Berikut contoh code ,beserta penjelasan, dari solusi yang dapat kita lakukan:


Contoh Code:





Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat ,pada contoh code diatas. Kita bisa membagi atau mengelompokanya ,sesuai dengan objek , bedasarkan operasi dari method itu sendiri. Ini hanya salah satu contoh kecil ,dari banyak hal tentang konsep design pattern,yang perlu kalian pelajari lebih dalam lagi. Tapi ,setidaknya ini mungkin sebagai gambaran tentang praktik yang baik ,saat kita melakukan penulisan baris code atau coding.


0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->