Belajar Mengenal Jenis Keyword pada Java Beserta Penjelasanya - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Mengenal Jenis Keyword pada Java Beserta Penjelasanya

Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan mengenal jenis-jenis keyword ,yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java, beserta penjelasanya. Keyword merupakan kata kunci khusus ,yang artinya kalian tidak dapat menggunakanya , sebagai nama variable(identifier) ,kecuali jika kita menggunakan penamaan CamelCase.  Sebenarnya Java memiliki 50 macam Keyword , namun dua diantaranya tidak bisa digunakan lagi ,yaitu goto dan const . Misal seperti true ,false dan null,  sebenarnya bukan termasuk kategori keyword ,namun sifatnya sama seperti keyword,yang artinya juga tidak bisa digunakan untuk nama variable. Berikut mari kita simak ,lebih jelasnya jenis-jenis Keyword di bahasa pemrograman Java :



Contoh Jenis Macam Kamus Pengertian atau fungsi Keyword di dalam program Java



abstract : digunakan untuk Class Abstract, yang merupakan sebuah class  yang memiliki posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java ,yang berfungsi untuk di implementasikan pada class turunanya . Jadi class abstract di ciptakan untuk class dan method , yang dimana kita tidak dapat menginstansiasi atau membuat objek baru dari class abstract , dan juga tidak mempunyai body pada method , di dalam class Abstract. Pointnya kita hanya bisa menggunakan dan mengimplementasinya,  pada class turunanya seperti membuat statement.


assert : digunakan untuk mengetest ,asumsi seorang programer , tentang sebuah code.


boolean : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai yang berisi true atau false pada variable.

break:  untuk menghentikan sebuah statement , yang biasa digunakan pada suatu kondisi tertentu pada  perulangan.


byte: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 1 bytes, dari range 
-128 ke 127.

case: digunakan sebagai kata kunci , untuk menyatakan nilai tertentu pada objek, yang berhubungan statement switch, yang memuat statement.


catch: digunakan untuk menangkap terjadinya bug atau error,  yang terjadi pada block program didalam keyword try.

char : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai huruf atau satuan karakter,yang menggunakan tanda kutip satu( ' ').



class: digunakan untuk sebuah nama class, yang  merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk tempat menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek.

const:  tidak digunakan lagi.


continue:  untuk melanjutkan sebuah statement , yang biasa digunakan pada suatu kondisi tertentu pada  perulangan.

default: digunakan pada kondisi switch case ,yang dimana jika semua pertanyaan atau statement case salah ,maka statement di dalam  keyword ini akan ditampilkan atau dieksekusi

do: digunakan untuk menyatakan statement di awal ,perulangan do while.


double: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka desimal ,dengan ukuran 8 bytes, dari range
-17e308 ke 1.7e308.

else: digunakan pada kondisi if else ,yang dimana jika semua pertanyaan if salah ,maka statement di dalam block keyword ini akan ditampilkan atau dieksekusi.

enum: digunakan untuk Enumeration , untuk memuat kumpulan variable,yang telah didefinisikan menjadi tipe data konstanta.

extends: digunakan pada class , untuk pewarisan (inheritance) yang merupakan suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.

final : digunakan pada variable ,atau method ,yang mempunyai nilai tetap ,dan tidak berubah-rubah.

finally: untuk menampilkan output pada statement , setelah try catch , selesai dieksekusi.


float: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka desimal,dengan ukuran 4 bytes, dari range -3.4e38 ke 3.4e38.

for :digunakan untuk perulangan for ,  yang menyimpan nilai seperti :definisi nilai variable , kondisi variable ,sampai increment.

goto: tidak digunakan lagi.

if : keyword  sebagai awalan ,yang digunakan untuk mengecek kondisi pada sebuah statement , dalam kondisi if else.


implements: keyword yang digunakan pada class, untuk mengimplementasi method-method , yang ada di interface.


import:  keyword yang digunakan untuk mengimport class library , atau framework di bahasa pemrograman Java.

instanceof adalah salah satu keyword di bahasa pemrograman Java , yang digunakan untuk membandingkan suatu objek ,apakah termasuk instansiasi dari suatu class ,atau tidak ,yang dimana kondisinya nanti akan menghasilkan nilai true ataupun false.

int : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 4 bytes, dari range
-2147483648 ke 2147483647.

interface adalah sebuah kumpulan method secara struktur di bahasa pemrograman Java , yang berfungsi untuk tempat menyimpan method kosong dan atribut yang bersifat constant atau final  , serta tidak mempunyai Implementasi. Kita dapat mengimplementasikan(keyword : implements) interface dengan class lain ,serta dapat mewariskan (keyword : extends ) dengan interface yang lain.

long: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 8 bytes, dari range 
-263 ke 263-1.

native:  digunakan untuk menulis code  bahasa pemrograman , selain Java.


new:  keyword yang digunakan untuk, menginstansiasi (membuat) objek baru dari class.

package : digunakan untuk alamat (folder) mengklasifikasikan dan menyimpan file-file logika java


private: termasuk ke dalam modifier ,yang hanya dapat di akses oleh class yang sama.

protected:  dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain

public: termasuk ke dalam modifier, dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.

return: keyword yang digunakan untuk tanda berhenti ,dari suatu method yang memiliki tipe data ,lalu mengembalikan nilainya berdasarkan tipe data dari method tersebut.


short : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, digunakan untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 2 bytes, dari range
-32768 ke 32767.

static: digunakan untuk mengunci atau menahan suatu method dan variable , menjadi milik class ,bukan menjadi milik class instance, serta tidak dapat di override.

strictfp: membatasi kemampuan komputer dalam merepresentasi angka ekstra besar ,saat komputer mengkalkulasi nilai float dan double


super: digunakan sebagai variable referensi class ,  untuk rujukan(referensi) dari Super Class atau Parent class.  Kita dapat menempatkan keyword super pada Variable , Method dan juga Constructor .

switch:  sebagai awalan ,untuk menyatakan kondisi nilai pada variable ,yang berhubungan dengan case dan default.

synchronized : digunakan thread-safe ,yang dimana pada waktu yang bersamaan ,thread yang berbeda-beda mengakses pada variable yang sama.


this : digunakan sebagai referensi dari variable class , yang mengacu pada obyek saat ini. Keyword this juga digunakan untuk membedakan variable class dengan variable atribut. Jika kita tidak menggunakan keyword this , pada nama variable class dan atribut yang sama , maka nilai/value akan menjadi 0 pada integer atau null pada String.


throw :  digunakan secara eksplisit, untuk melempar exception. Jadi kita bisa menggunakan CheckedException atau UncheckedException di dalam keyword throw.

throws : digunakan untuk mendeklarasikan sebuah exception ,yang kemungkinan terjadi bug atau error. Jadi kita akan mendeklarasikan exception terlebih dahulu,sebelum penangganan bug atau erorr

transient : digunakan untuk mengindikasikan bahwa variable,  tidak dapat di  diserialisasikan.

try :
digunakan untuk menjalankan  dan memproses block program ,yang berpotensi akan mengalami error nantinya



void  : keyword yang artinya kosong ,untuk tipe jenis method ,yang tidak mengembalikan nilai atau value ,setelah method yang menggunakan keyword ini ,di panggil  atau di eksekusi.


volatile :digunakan untuk mereferensikan nilai pada variable akan dimodifikasi oleh thread yang berbeda.

while : keyword yang digunakan untuk memuat kondisi nilai pada variable ,yang dimana eksekusi akan berhenti jika nilai false.



0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Jenis Keyword pada Java Beserta Penjelasanya"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->