Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin

Salah satu kelebihan , yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin ,yang tidak terdapat di bahasa pemrograman Java ,yaitu  terdapat beberapa fungsi atau method ,yang di definisikan dalam class library , yang berguna untuk meringkas code ,untuk mencegah terjadinya pengulangan code (boilerpate), serta agar mudah di pahami dan dibaca oleh para developer. Pada artikel belajar kotlin kali ini , kita akan belajar mengenal 2 fungsi tambahan atau method yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin yaitu , apply() dan copy(). Berikut mari kita simak pengenalanya :


Belajar Mengenal  Pengertian fungsi coding apply() dan copy() di Kotlin


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa pehatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:

  • apply()

Contoh Code 1:


Penjelasan :


apply() adalah salah satu fungsi tambahan (extention function) ,di bahasa pemrograman Kotlin ,yang berguna untuk mengaplikasikan nilai ,berdasarkan atribut atau method , yang telah di definisikan dalam objek. Pada contoh code diatas , saya menggunakan contoh model data ,yang biasanya kita memanggil atau memodifikasi nilainya ,  dengan setter dan getter ,atau mengisi secara langsung argument di dalam constructor. Kali ini kita bisa menggunakan fungsi tambahan apply() sebagai alternatif.


Output :

Developer : Developer(nama=Fathurrahman, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki)

  • copy()

Contoh Code 2:


Penjelasan :


copy() adalah  salah satu fungsi tambahan (extention function) , di bahasa pemrograman Kotlin , yang hanya terdapat di data class , yang dimana berguna untuk menyalin semua data atau nilai ,yang telah di definisikan dalam objek , lalu menerapkanya pada objek baru. Sebagai contoh code diatas ,karena kita sudah mendefinisikan , data class atau contoh model data. Lalu mengaplikasikan nilai atau valuenya dengan menggunakan fungsi tambahan apply().

Jika kita ingin membuat data baru,  lalu menerapkanya pada objek baru.  Kita tidak perlu menggunakan fungsi tambahan apply() lagi , kita hanya perlu menggunakan fungsi tambahan copy() , lalu menggantinya dengan nilai atau value baru, berdasarkan atribut atau variabel yang telah di definisikan.


Output :

Developer 1 : Developer(nama=Fathurrahman, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki) Developer 2 : Developer(nama=Andy Firmansyah, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki)


0 Komentar untuk "Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->