Google Resmi Merilis Versi Android O Menjadi Nama Oreo - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Google Resmi Merilis Versi Android O Menjadi Nama Oreo

Setelah melewati proses perkembangan , akhirnya pada tanggal 21 Agustus 2017 kemarin, Google resmi merilis versi Android terbaru 8.0 , yang bernama "Oreo". Sebelumnya memang sudah banyak yang memperkirakan nama tersebut ,dikarenakan Google memang selalu membuat nama untuk versi Android terbaru ,dengan urutan abjad ,dan juga dengan di adopsi dari nama camilan manis ,yang menjadikan salah satu keunikan Google ,dalam hal penamaan versi Android terbaru. Nama "Oreo" , merupakan lisensi dari Nabisco. Namun , ini bukan pertama kalinya Google , bekerja sama dengan perusahaan ,dengan nama yang sudah bermerk(branded name) ,sebelumnya ada "Kitkat", pada versi Android 4.4 ,yang sudah kita kenal.



Nama Android Menjadi Nama Oreo , Apa itu Android O adalah Oreo




Apa yang baru di Android 8.0 Oreo ?

Baik dari sisi user atau developer Android , Update Android 8.0 Oreo ini , mengalami perubahan fitur ,dan kemampuan yang sangat signifikan , untuk API level 26. Berikut beberapa fitur dan kemampuan yang bisa kamu dapatkan di  versi Android terbaru ini :


  • Picture-in-Picture mode
Salah satu fitur yang sangat memanjakan user atau pengguna , karena kita bisa mengatur secara simultan (bersamaan) Aplikasi , tanpa harus mengclose atau meminimize Aplikasi tersebut. Salah satu contohnya saat kita sedang melakukan Video Call ,dengan teman atau keluarga kita. Kita bisa langsung memperkecil layar kita ,selagi kita sedang melakukan tugas lain ,seperti mengecek kalender, buka browser ,dan lain sebagainya.


Picture in Picture Android Oreo
Picture in Picture (source : developer.android.com)

//formati gif loading sedikit lama
  • Notification Dot
Fitur  ini ,memungkin user atau pengguna , bisa melihat area detail dari Notification yang di perluas ,pada icon Aplikasi launcher , dengan cara menekan (long-press) , beberapa saat ,di Notification Android versi 8.0 Oreo. Fitur ini  bisa juga disebut sebagai floating bubble ,yang ada di Android.



Notification Dot Android Oreo
Notification Dot (source: developer.android.com)
  • Autofill framework 
Fitur ini memungkinkan user atau pengguna,  dapat mensinkronisasi  data ,seperti akun ,kartu kredit,dan menyimpan kata sandi pada form , pada perangkat baru yang akan digunakan.

Selain itu juga ,Google juga berfokus pada peningkatan optimasi baterai ,waktu boot, merender grafis ,yang diberikan untuk  para developer  , dalam hal menjaga kestabilan dan kesehatan pada Aplikasi Android mereka.

  • System optimizations
  • Background limit
  • Complementary Android Vitals dashboards and IDE profilers

Khusus untuk para developer , pada Android 8.0 Oreo (API level 26) , kalian dapat mempunyai kemampuan baru , yang dapat membantu  kalian ,untuk mengembangkan Aplikasi Android lebih baik dan efisien lagi. Beikut diantarnya adalah :

  • Autosizing textview : Secara otomatis akan menyesuaikan dengan text yang ditulis ,terlepas dari berapa pun jumlahnya.
  • Fonts in XML : Dukungan penuh , untuk resource jenis Font, yang dapat kalian tentukan di Font Family , di layout XML.
  • Adaptive icons : Kalian dapat membuat adaptive icons , dengan berbagai bentuk ,yang ditujukan untuk mempercantik icon launcher , pada Aplikasi kalian.
Adaptive icons Android Oreo
Adaptive icons (source: developer.android.com)


Kurang lebih ,itu saja review singkat , dari saya. Saya mohon maaf ,jika terlalu singkat ,artikel tentang update Android 8.0  Oreo ini. Yang pasti masih banyak hal-hal terbaru yang masih belum dijelaskan ,jadi selengkapnya jika kalian ingin melihat lebih dalam tentang updateya ,kalian bisa baca disini. Atau kalian juga bisa menonton video berikut :



0 Komentar untuk "Google Resmi Merilis Versi Android O Menjadi Nama Oreo"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->