Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Compiler dan Interpreter - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Compiler dan Interpreter

Sebagai programmer atau developer , kalian pasti tidak asing dengan istilah Compiler dan Interpreter , keduanya atau salah satunya tidak dapat di pisahkan oleh keseharian kita ,saat kita sedang melakukan aktivitas coding atau menulis baris code ,dengan bahasa pemrograman apapun ,yang sedang kita gunakan. Sebelumnya mungkin salah satu dari kalian ,sudah mengenal istilah ini. Namun , mungkin masih kurang jelas atau ,atau tidak mengenal lebih dalam lagi. Nah , pada artikel kali ini saya akan jelaskan tentang pengenalan dan perbedaaan apa itu Compiler ,dan juga Interpreter. Berikut mari kita simak penjelasan lebih lanjut:

Contoh Pengertian Perbedaan Compiler dan Interpreter


Biasanya ,saat kita melakukan aktivitas coding, pada program  di Komputer. Kita biasa menggunakan bahasa tingkat tinggi ( high-level language) ,yang dimana bahasa ini termasuk ke dalam bahasa yang bisa di pahami, atau dimengerti oleh manusia. Contoh pernyataan atau kata-katanya ,biasanya  di ambil dari bahasa inggris sehari-hari. Akan tetapi , Komputer tidak dapat memahami bahasa tingkat tinggi. Komputer hanya dapat memahami bahasa program , yang ditulis dengan angka biner 0 dan 1,yang biasa disebut bahasa mesin.


erbandingan Bahasa tingkat tinggi dengan Bahasa tingkat rendah
Perbandingan Bahasa tingkat tinggi dengan Bahasa tingkat rendah. (source: slideshare)

Suatu program ,yang ditulis dengan menggunakan bahasa tingkat tinggi, biasa disebut kode sumber atau source code. Oleh karena itu, agar kita dapat menjalankan suatu program di Komputer  ,kita perlu mengubah terlebih dahulu , bahasa tingkat tinggi  menjadi bahasa mesin , agar dapat dimengerti oleh si Komputer. Untuk itu , kita membutuhkan adanya 2 tipe penterjemah, yaitu Compiler atau Interpreter ,yang berfungsi untuk mengubah sebuah program yang ditulis menggunakan bahasa tingkat tinggi (source code) menjadi bahasa mesin ,agar dapat di mengerti dan dijalankan oleh Komputer.

Sekarang pertanyaanya adalah :

Jika keduanya sama-sama penerjemah code , apa perbedaannya antara compiler  dengan. interpreter?


Apa itu Compiler ?

Compiler adalah salah satu penterjemah , yang bisa mengubah suatu  program ,dari 1 bahasa ke bahasa lainya ,dari bahasa tingkat tinggi ( high-level language) , ke bahasa tingkat rendah (low-level rendah) ,sepert bahasa mesin.


Apa itu Interpreter ?

Interpreter adalah penterjemah ,yang berbeda dengan Compiler. Interpreter ,akan membaca bahasa tingkat tinggi program , berdasarkan baris code , lalu akan secara langsung menerjamahkan bahasa level mesin ,pada waktu  yang bersamaan akan menjalankan setiap baris.


Berikut tabel Perbandingan Compiler dengan Interpreter:


Compiler

Interpreter

·         Compiler akan mengambil , keseluruhan baris code, di dalam program sebagai Input.


Sedangkan Interpreter , akan mengambil satu baris code atau instruksi ,sebagai Input.


·         Error akan tampil ,ketika seluruh baris code , di dalam program di cek.


Erorr akan tampil ,pada setiap instruksi atau statement





·         Kebutuhan memori : lebih banyak (setiap objek code, yang dihasilkan)

Kebutuhan memori : lebih sedikit

·         Conditional Control statement, akan di eksekusi lebih cepat

 Conditional Control statement, akan di eksekusi lebih lambat

·         Contoh Bahasa : C, C++, Pascal,Fortran

Contoh Bahasa : Phyton , Ruby, BASIC,Perl


Alur Eksekusi Program Java:

Alur Eksekusi Program Java dengan Compiler dan Interpreter
Alur Eksekusi Program Java

Seperti yang kalian perhatikan,  pada gambar diatas. Bahasa pemrograman Java ,menggunakan penterjemah Compiler dan Interpreter , dalam mengeksekusi suatu program. Proses dari penterjemah Compiler terjadi ,saat source code ,di terjemahkan menjadi bahasa bytecode ,atau biasa disebut Intermediate code. Proses dari Interpreter terjadi ,saat bahasa byte code ,secara langsung di terjemahkan menjadi bahasa mesin ,yang dimengerti oleh si Komputer.


0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Compiler dan Interpreter"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->