Belajar Mengenal Fitur Null Safety pada Bahasa Program Kotlin - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Mengenal Fitur Null Safety pada Bahasa Program Kotlin

Seiring kita melakukan aktivitas coding menggunakan bahasa pemrograman Java, kita pasti telah mengenal tentang NullPointerException atau disingkat NPE , yang dimana kita memaksakan suatu object yang tidak mempunyai nilai atau value ,untuk di compile. Ada berbagai jenis variasi code ,yang dapat kita coding ,yang bisa berpotensi menghasilkan NullPointerException. Namun ,di bahasa pemrograman Kotlin ,kita dapat mengatasinya tanpa harus menggunakan library tambahan. Pada artikel belajar Kotlin kali ini ,kita akan mengenal tentang fitur Null Safety yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Mari kita simak lebih lanjut :




Apa itu Null Safety Coding NPE NullPointerException Erorr Java ke Kotlin




Apa itu Null Safety ?

Null Safety adalah salah satu fitur di bahasa pemrograman Kotlin ,yang dimana untuk mencegah potensi terjadinya null , atau tidak adanya nilai atau value , karena NullPointerException.

Di bahasa pemrograman Kotlin , sistem secara otomatis akan membedakan , referensi yang dapat menahan null (nullable references ) , dengan yang tidak dapat menahan null ( non-null references),  contohnya seperti code dibawah ini:


var nama: String = "okedroid"
nama = null


Code diatas ,sebelum dijalankan akan terdeteksi erorr (Compile Erorr).

Karena secara default , variable dari tipe data String biasa ,tidak dapat menahan referensi null. Hal ini ,ditujukan agar developer dapat menghandle NPE.

var nama: String? = "okedroid"
nama = null


Untuk itu kita perlu menggunakan tanda atau simbol (?), pada tipe data String,  agar dapat menangani referensi null.


Cek kondisi null

val x = if (nama != null)
    nama.lengthelse -1

println("Tampil $x")


Kalian bisa melihat contoh code diatas , untuk cek kondisi null. Jika variabel nama tidak sama dengan null, maka tampil nilai panjang (nama.length) , atau jika tidak maka tampilkan nilai -1.

Output : Tampil -1


if (nama != null && nama.length > 0) {

    println("Panjang String ${nama.length}")
} else {
    println("String kosong")
}


Atau kalian juga bisa meggunakan cek kondisi diatas.  Jika  variabel  nama tidak sama dengan null , dan (AND = &&) panjang nama lebih dari 0. Maka ,tampilkan "Panjang String (panjang nilai variable nama) , Atau jika tidak maka tampilkan "String Kosong".

Output : String kosong


Pilihan kedua


var panjang = nama?.length

println("Panjang $panjang")



Kalian juga bisa menggunakan tanda atau simbol (?.) , untuk mencegah potensi terjadinya null.

Output : Panjang null


Elvis Operator

val panjang = nama?.length ?: -1

println("Panjang $panjang")



Kalian juga bisa menggunakan tanda atau simbol (?:) , atau yang disebut Elvis Operator. Dimana fungsinya berguna untuk menggantikan null ,yang tidak mempunyai nilai atau value.


Output : Panjang -1


Kurang lebih itu saja ,artikel tentang pengenalan dan penjelasan Fitur Null Safety, yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Selengkapnya kalian bisa baca lebih lanjut, di dokumentasi resminya disini
Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Kalian. Terima Kasih.

0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Fitur Null Safety pada Bahasa Program Kotlin"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->