Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android

Setelah sebelumya , kita telah menginstall plugin Kotlin di Android Studio, yang bisa kalian baca artikelnya disini. Nah , pada artikel tutorial belajar android kali ini ,kita akan mencoba membuat Aplikasi pertama , atau bisa dibilang Hello World ,dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin di Android Studio. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Kotlin didukung sepenuhnya di Android Studio versi 3.0. Karena sekarang masih dalam tahap pengembangan ,yang dimana mungkin tidak lama lagi akan rilis versi stable atau stabilnya. Jadi disini , tepatnya pada artikel ini kita menggunakan Android Studio versi 2.3.3. Berikut mari kita simak tutorialnya:

Baca juga sebelumnya : Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin


Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android



Konfigurasi atau Setting Gradle Kotlin :

  • Sebelum itu , kita harus terlebih dahulu ,mensetting atau mengkonfigurasi gradle plugin Kotlin di Android Studio. Berikut mari kita simak caranya:

Cara otomatis :

Pada bagian menu pilih Tools  > Pilih Kotlin  > Lalu pilih Configure Kotlin in Project


Configure Kotlin in Project Android Studio
Configure Kotlin in Project


Cara manual :


Pada bagian build.gradle( Project : Nama Project) , kalian bisa setting seperti ini :



Pada bagian build.gradle(Module:app) , kalian bisa setting seperti ini:




Mulai Membuat Aplikasi Pertama :


1. Pertama-tama , kalian bisa membuat project baru ,atau yang sudah ada di Android Studio.


2. Sekarang kita akan mencoba mengconvert kode MainActivity.java , yang biasa kita gunakan secara default , ketika kita membuat project baru , menjadi MainActivity.kt. 




3. Kalian bisa memilih menu Code > Pilih Convert Java File to Kotlin File , atau kalian bisa menekan tombol Ctrl +Alt + Shift + K,   pada keyboard di Komputer atau Laptop kalian. Untuk lebih jelasnya ,  kalian bisa lihat pada gambar dibawah:

Code > Convert Java File to Kotlin File Android Studio
Code > Convert Java File to Kotlin File


4. Lalu tunggu proses converting,  yang akan muncul seperti pada gambar dibawah:


Converting Java to Kotlin Android Studio
Converting

(i) Tidak semua baris code di bahasa pemrograman Java , dapat kita convert ,terkadang ada beberapa baris code yang ,kita wajib tahu syntax dan coding dari bahasa pemrograman Kotlin. Jadi tidak menjamin 100% akurat.


5. Jika sudah selesai , kita sekarang melihat file MainActivity.kt yang telah di convert ke bahasa pemrograman Kotlin. Yang bisa kalian lihat perbandinganya pada contoh code di bawah:



Contoh code:


Penjelasan:

Kalian bisa mengconvert Java ke Kotlin , dengan code yang sedang di kerjakan sebelumnya , jadi tidak perlu kosong, seperti pada contoh code di atas ,yang dimana hanya Empty Activity saja.


Kalian bisa lihat perbedaanya ,  seperti kita tidak perlu lagi  adanya titik koma (;) untuk mengakhiri code,yang biasanya menjadi salah satu problem kebanyakan pemula.  Code yang di ringkas (concise) ,menjadi lebih mudah dibaca dan ditulis.



6. Setelah itu , sebelum lanjut lagi ke MainActivity.kt , kita ke layout terlebih dahulu di activity_main.xml , kita akan mulai dengan membuat TextView  dan Button.  Kalian bisa drag dari Palette ke layar preview Aplikasi.


activity_main.xml Android Studio
activity_main.xml

Karna disini saya menggunakan Constraint Layout , kalian sesuaikan dengan posisinya agar terilhat rapi saat di jalankan Aplikasinya,atau kalian bisa melihat contoh code dibawah:

activity_main.xml 






7.  Sekarang kita kembali lagi ke MainActivity.kt.  Disini kita akan membuat TextView , berubah menjadi text "Hello World" , lalu ketika Button di klik akan merubah text "Hello World" menjadi "OKEDROID", di ikuti dengan pesan text Toast. Berikut mari kita simak contoh codenya:


MainActivity.kt



Penjelasan :

Dengan menggunakan import kotlinx.android.synthetic.main.activity_main.*   merupakan Kotlin Android Extension , yang ditujukan untuk menggantikan fungsi findViewById() ,yang rawan bug dan kesalahan lainnya.

Jadi kita tidak perlu lagi membuat objek baru ,lalu menggunakan findViewById() ,

Kita hanya perlu menulis code,  berdasarkan nama ID , yang telah di definisikan di activity_main.xml , lalu tinggal kita panggil methodnya seperti setText , dan setOnClickListener, lalu sesuaikan dengan objek tersebut. 


Seperti pada contoh code diatas , textView dan button , menjadi extention property di dalam Activity ,yang sama tipenya dengan yang ada di activity_main.xml .


8. Kemudian kita coba jalankan Aplikasinya di Android Studio.

Hasilnya kira-kira akan seperti di video berikut:







0 Komentar untuk "Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->