Tips Cara Memeriksa Sudah di Root lewat Aplikasi Android - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

Tips Cara Memeriksa Sudah di Root lewat Aplikasi Android

Root adalah salah satu cara agar kita dapat memiliki hak akses penuh pada file system serta perintah console, dengan menggunakan user istimewa (administrator atau superuser) pada perangkat Android. Kita dapat secara penuh menngubah dan mengedit icon-icon di status bar , user interface di notification , mengotak-atik dan mengoprek custom rom. Kegiatan ini biasanya untuk para pengguna yang ingin mencoba hal-hal baru ,dan menghilangkan kebosanan saat menggunakan perangkat Android. Namun ,terdapat risiko yang harus kalian ambil ,saat perangkat Android kita sudah di root. 

Seperti hilangnya garansi toko ,mudahnya terserang virus, kemungkinan terjadi erorr pada system yang tidak stabil ,perangkat Android kalian rusak atau mati total. Tapi ini tergantung perangkat Androidnya itu sendiri , dan  biasanya kebanyakan tutorial tentang root dan oprek yang bertebaran di Internet , memperingatkan bahwa resiko kerusakan ditanggung sendiri. Pada artikel kali ini saya akan membagikan Tips Cara Memeriksa Sudah di Root atau belum  pada Perangkat Android kalian. Berikut caranya mari kita simak:

Cara cek mengetahui sudah di root atau belum aplikasi android




1. Disini kita akan menggunakan Aplikasi Root Checker , yang bisa kalian download  disini.

Root Checker Google Play Store Android
Root Checker



2. Setelah didownload dan terinstall , lalu buka Aplikasinya. Muncul popup yang menyatakan bahwa Aplikasi Root Checker  , hanya memeriksa dan mengetahui,  bahwa perangkat Android kalian ,sudah di root atau belum. Jadi bukan menginstall root pada perangkat ,melainkan hanya informasi verifikasi saja. Jika sudah pilih Setuju.



Root Checker Android
Root Checker

3. Selanjutnya akan muncul pada tombol verifikasi root ,  yang bisa kalian pilih untuk proses verifikasi root pada perangkat Android kalian. Seperti pada gambar dibawah:


Root Checker Android
Root Checker 


4.  Setelah proses verifikasi ,akan muncul 2 jenis permberitahuan yaitu :

  •  Sorry !  Root access is not properly installed on this device :  artinya setelah verifikasi dilakukan,  perangkat android kalian belum terinstall root.
  • Congratulations ! Root access is properly installed on this device !  : artinya setelah verifikasi dilakukan , perangkat android sudah terinstall root.


Root belum terinstall  Root Checker Android
Root belum terinstall 

Demikian artikel tentang cara menggunakan Aplikasi Root Checker Basic. Ini mungkin sangat berguna juga , jika kalian membeli hp android bekas ,karena sebelumnya kita tidak tahu sudah di root atau belum.

0 Komentar untuk "Tips Cara Memeriksa Sudah di Root lewat Aplikasi Android "

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->