Cara Backup dan Restore Data Smart Switch Samsung Android di PC - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

Cara Backup dan Restore Data Smart Switch Samsung Android di PC

Smart Switch adalah Software yang dikembangkan oleh Samsung,  yang berfungsi untuk membackup dan merestore data ,dari perangkat Samsung Android ke PC. Yang dimana kita dapat membackup atau mencadangkan  data/file  kita , dan dari PC/Komputer/Laptop ke Android yang dimana kita merestore atau memulihkan data kita. Contoh data atau item yang di Backup dan Restore , Seperti Kontak , Gambar ,Musik ,Memo ,Video,Setting dan masih banyak lagi. Dengan software ini kita dapat mencadangkan dan memulihkan (Backup or Restore) ,mensinkronisasi data ,serta update perangkat lunak perangkat Android terbaru. Dengan UI/UX , yang diberikan di software ini  ,tampilan yang sederhana dan kita pun dapat mudah menggunakanya. Pada artikel kali ini saya akan membagikan ,Cara Membackup dan Merestore Data yang ada di perangkat Android pada Komputer atau Laptop kalian.


Cara Backup dan Restore Data Smart Switch Samsung Android di PC



Menginstall Smart Switch Samsung :

1. Pertama-tama kita download,  Software  Smart Switch Samsung  disini.

Oh ya,  pastikan kalian mengetahui Spesifikasi , Software Smart Switch Samsung, untuk Komputer atau Laptop kalian di bawah ini :

Syarat Sistem 

Syarat Sistem Spesifikasi Komputer atau Laptop Smart Switch Samsung
Syarat Sistem


2.  Setelah di download lalu install Software tersebut , pada Komputer atau Laptop kalian. Seperti saat kita menginstall Software pada umumnya , kalian bisa menentukan alamat folder dari tempat penyimpanan , pada Komputer atau Laptop kalian. Lalu kalian bisa menceklist persetujuan. Jika sudah pilih tombol NEXT.


Installan Smart Switch Samsung
Insallan

3.  Setelah itu,  kita tunggu proses penginstallanya sampai selesai.

Proses install Smart Switch Samsung
Proses install


4. Jika sudah selesai , kalian buka Smart Switch Samsung ,yang sudah terinstall di Komputer atau Laptop kalian. Tampilanya akan seperti pada gambar dibawah :

Disini kalian di perintahkan untuk menghubungkan,  perangkat Samsung Android kalian , ke Komputer atau Laptop kalian.


Welcome to Smart Switch Samsung
Welcome to Smart Switch

Mencadangkan (Backup) Data :

1. Jika sudah terhubung , sekarang kalian pilih tombol Backup. Tampilanya akan seperti pada gambar dibawah :

Sebagai contoh , disini saya menggunakan Samsung Galaxy J5 (2016)


Backup Smart Switch Samsung
Backup 
2.  Setelah itu , akan muncul Notification , Apakah data yang berada di SD Card , juga ikut di Backup atau di Cadangkan.

Notification Smart Switch Samsung
Notification

Sebelumnya kalian juga dapat menentukan data atau item , yang ingin di Backup dan Restore. Dengan memilih tombol More di pojok kanan atas. Lalu pilih Preferences.

More > Preferences Smart Switch Samsung
More > Preferences


Pilih tab Backup items , menu ini akan muncul jika perangkat Samsung Android kalian terhubung ke Komputer atau Laptop kalian. Tentukan mana data atau items , yang ingin kalian Backup dan Restore ,jika sudah kalian bisa memilih tombol OK.

Backup items
Backup items

3.  Lanjutan dari langkah 6 , setelah kita menekan tombol Backup sebelumnya. Akan muncul jendela pop up Allow Permissions , yang dimana agar data atau items kalian ingin di Backup , kalian harus menyetujui permissions yang muncul pada perangkat Samsung Android kalian.



Allow permissions
Allow permissions

Pada perangkat Samsung Android kalian , akan muncul popup Ijinkan Akses ,seperti pada gambar dibawah, pilih BOLEHKAN.


Izinkan akses
Izinkan akses

4. Selanjutnya , kalian tinggal tunggu proses Backup data atau items kalian.


Proses Backup
Proses Backup

5.  Sampai proses  Backup selesai ,tampilanya akan seperti pada gambar dibawah:


Backup Completed Smart Switch Samsung
Backup Completed

Memulihkan (Restore) Data :


1. Pilih tombol Restore , pada tampilan depan Smart Switch Samsung , pada Komputer atau Laptop kalian.


Restore Smart Switch Samsung
Restore


2.   Setelah itu , kalian pilih terlebih dahulu tombol Select a different backup.



Select a different backup
Select a different backup


3.  Nah , disini kalian dapat memilih data atau item yang ingin kalian Restore. Kalian bisa memilih select all , jika kalian ingin memulihkan data atau item semuanya. Sebagai contoh ,karena keterbatasan memori , saya akan mencoba  memulihkan Memo. Yang dimana sebelumnya ,saya telah menghapus memo saya untuk uji coba. Jika sudah pilih tombol OK.


Kalian juga bisa melihat lokasi folder penyimpanan data atau item Backup kalian. Dengan memilih icon folder di pojok kanan atas.

Select a backup to restore Smart Switch Samsung
Select a backup to restore



4. Selanjutnya kalian pilih tombol Restore Now.

 Restore Now
 Restore Now


5. Akan muncul jendela pop up Allow Permissions , sama halnya seperti proses dalam Backup. Kalian bisa melihat di perangkat Samsung Android kalian ,yang akan muncul jendela Izinkan akses.

Allow Permissions
Allow Permissions

Muncul jendela popup Izinkan akses , seperti pada gambar di bawah:

Pilih BOLEHKAN

Izinkan akses
Izinkan akses


6.  Tunggu proses pemulihan sampai selesai, jika sudah data atau item seperti Memo, akan secara otomatis ter Restore, di perangkat Samsung Android kalian. Jika sukses tampilanya akan seperti ini:


Restored
Restored

Demikian , artikel tentang Cara Mencadangkan (Backup) dan Memulihkan (Restore) data atau item , yang berada di perangkat Samsung Android kalian. Adapun jika merk lain , kurang lebih hampir sama mekanismenya. Oh ya , Smart Switch pada Aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store ( lihat : disini) berbeda dengan Software yang sudah di jelaskan di artikel ini. Jika pada Aplikasi, fungsinya adalah untuk menerima dan mengirim atau mentransfer data atau item, dari perangkat Android atau perngkat seperti iOS , Blackberry dan Windows Phone. Disini kita memilih opsi sebagai penerima (Terima).  Jika mengirim atau mentransfer kita menghubungkan ke perangkat Samsung Galaxy baru. Kalian juga bisa melakukanya lewat kabel usb atau nirkabel(Wifi). Selengkapnya tentang Smart Switch disini.

0 Komentar untuk "Cara Backup dan Restore Data Smart Switch Samsung Android di PC"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->