Cara Melihat Lokasi Database SQLite di Android Studio - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

Cara Melihat Lokasi Database SQLite di Android Studio

Sqlite adalah sebuah software RDBMS(Relational Database Management System)  yang mendukung secara native (asli) untuk perangkat Android. Sqlite merupakan suatu sistem manajemen database ,yang mempunyai sifat ACID-compliant, yang diprogram dengan bahasa C, dan mempunyai  size atau ukuran memori yang relatif kecil. Karna Sqlite termasuk database engine yang embedded (tersemat),jadi perintah Sqlite  yang bisa digunakan hanya perintah-perintah standar saja. Serta Sqlite hanya mendukung tipe data seperti INTEGER,NUMERIC, DATETIME,TEXT ,dan lain-lain. Selengkapnya untuk dukungan tipe data kalian bisa baca disini Support datatypes Sqlite.


Cara Melihat Lokasi Database SQLite di Android Studio


Jika pada artikel tips sebelumnya, kita telah mencoba membuka Database SQLite ,serta menjalankan fungsi CRUD (Create Read Update dan Delete), baik menggunakan tool addon seperti SQLite Manager ,atau menggunakan software atau program DB Browser SQLite . Nah , pada artikel tips kali ini kita akan mencoba ,membahas tentang bagaimana cara melihat lokasi database SQLite ,yang tersemat di dalam Aplikasi Android, lewat Android Studio. Jadi ,jika Aplikasi kalian menggunakan Database SQLite ,kalian bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini:


1. Sebagai contoh, disini saya menggunakan Source Code dari  Aplikasi Biodata Diri.

2. Setelah kalian import ,lalu membuka projectnya di Android Studio. Pada bagian Menu bar , kalian pilih Tools > Android. Pilih Android Device Monitor .

Android Device Monitor
Android Device Monitor



3. Oh ya , sebelumnya pastikan kalian sudah menjalankan Aplikasi Android ,kalian terlebih dahulu. Sebagai contoh disini saya menggunakan Aplikasi Biodata Diri.  Pada bagian Android Device Monitor , kalian pilih tab File Explorer , cari folder data >data > com.okedroid.biodatadirisqlite (nama package di dalam aplikasi kalian) > databases > biodatadiri.db  (nama file database kalian).

Lalu select file databasenya (baca : biodatadiri.db) , kemudian kita pilih icon Pull a file from the device , seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini:



Android Device Monitor
Android Device Monitor

Perlu kalian ketahui juga ,disini saya menggunakan Emulator Genymotion , untuk Melihat Lokasi Database SQLitenya, yang ada di dalam folder Aplikasi. Jika saya menggunakan Real Device atau Perangkat Android yang sesungguhnya. Saya tidak dapat membuka folder data,atau mengexpand, lebih dalam lagi. Hal ini dikarenakan ,perangkat Android saya ,belum di rooting , itu saya tahu menurut hasil diskusi di stackoverflow.com . Jadi ,jika perangkat Android kalian ,sudah di root,kalian mungkin bisa membuka atau mengexpand folder datanya.



4.  Pada bagian jendela popup Get Device File ,kalian bisa menyimpan file databasenya (baca : biodatadiri.db) , ke folder di Komputer kalian.


Get Device File
Get Device File


5. Sekarang kalian ,bisa membuka dan mengelola file databasenya  (baca : biodatadiri.db), dengan menggunakan tool addon seperti SQLite Manager ,atau menggunakan software atau program DB Browser SQLite , dengan menjalankan fungsi  CRUD (Create Read Update dan Delete).



Sekian tentang bagaimana cara melihat lokasi database SQLite ,yang tersemat di dalam Aplikasi Android, lewat Android Studio. Semoga bisa membantu kalian . Terima Kasih

0 Komentar untuk "Cara Melihat Lokasi Database SQLite di Android Studio"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->