Belajar Membuat Contoh Table Mahasiswa di Database SQLite - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Membuat Contoh Table Mahasiswa di Database SQLite

Sqlite adalah sebuah software RDBMS(Relational Database Management System)  yang mendukung secara native (asli) untuk perangkat Android. Sqlite merupakan suatu sistem manajemen database ,yang mempunyai sifat ACID-compliant, yang diprogram dengan bahasa C, dan mempunyai  size atau ukuran memori yang relatif kecil. Karna Sqlite termasuk database engine yang embedded (tersemat),jadi perintah Sqlite  yang bisa digunakan hanya perintah-perintah standar saja. Serta Sqlite hanya mendukung tipe data seperti INTEGER,NUMERIC, DATETIME,TEXT ,dan lain-lain. Selengkapnya untuk dukungan tipe data kalian bisa baca disini Support datatypes Sqlite.




Belajar Membuat Contoh Table Mahasiswa di Database SQLite




Artikel belajar kali ini ,adalah lanjutan di artikel sebelumnya ,yang dimana kita telah mencoba menginstall dan membuat database SQLite , di komputer kita ,menggunakan OS Windows 7 .Nah , setelah kita membuatnya ,sekarang kita mencoba membuat contoh tablenya ,di dalam database SQLite yang telah kita buat. Agar terasa familiar, disini kita coba membuat contoh table mahasiswa ,yang kolomnya terdiri dari npm,nama dan jurusan.



Sebelumnya perlu kalian ingat juga ,meskipun kita bisa menggunakan perintah SQL di dalam database SQLite ,namun tipedata yang di dukung di database SQLite ,lebih kecil rangenya di banding database seperti MySQL, 

Itu sebabnya SQLite juga mendukung tipe affinity (persamaan). Jadi misal kita membuat table dengan perintah SQL dengan yang ada di MySQL ,maka hasilnya akan secara otomatis disamakan dengan tipe data yang didukung di SQLite. Begitupun ,jika salah menginput tipe data, yang berbeda dari nilai yang seharusnya.


Contoh :

CREATE TABLE manusia(nama INT ,umur VARCHAR(10));
INSERT INTO manusia(nama,umur)VALUES("Fathurrahman",23);


Seperti yang kalian lihat pada perintah SQL diatas , saat kita mendefinisikan kolom ,dan tipe datanya yang tidak didukung oleh SQLite ,begitu juga nilai atau valuenya tidak sesuai dengan schema ,dari tipe data yang telah dibuat. Namun ,karena SQL mendukung tipe affinity (persamaan) maka hasilnya akan disamakan dengan tipe data yang didukung oleh  SQLite ,jadi jika berdasarkan nilai yang diinput diatas , berarti nama kolom dan tipe data yang benar seharusnya adalah (nama TEXT ,umur INTEGER).


Contoh tipe affinity (persamaan);


Table tipe data affinity SQLite
Table tipe data affinity

Contoh tipe data yang didukung SQLite:


Tipe data yang didukung SQLite
Tipe data yang didukung SQLite

Hasilnya sama saja ,namun alangkah baiknya, kita mendefinisikan tipe data dari nama kolom dengan benar , agar tidak terjadi kekeliruan. Oleh karena itu ,disini kita akan mencoba membuat table Mahasiswa ,dengan tipe data yang di dukung oleh Database SQLite.


  • CREATE (membuat table) 


CREATE TABLE mahasiswa (npm INTEGER PRIMARY KEY AUTOINCREMENT,
        nama TEXT NOT NULL,
        jurusan TEXT NOT NULL);


PRIMARY KEY = adalah keyword SQL yang digunakan untuk mengunci satu nilai unik ,pada setiap baris. Biasanya digunakan atau diterapkan untuk setiap kolom id , nomor ,atau identitas unik lainya, yang membedakan setiap baris dan kolom yang ada di table. Hanya ada satu primary key pada setiap table.

AUTO INCREMENT = adalah keyword SQL yang digunakan agar secara otomatis ,membuat baris baru ,saat kita menginputkan data,berdasarkan nilai unik atau primary key yang telah ditentukan.

NOT NULL = artinya tidak boleh ada kekosongan nilai ,ketika kita menginput data(INSERT) atau baris baru pada table, berdasarkan tipe data yang diterapkan dengan keyword ini.


  • INSERT (menginput data ke dalam table)

Data ke 1

INSERT INTO mahasiswa (npm,nama,jurusan)
        VALUES(1111,"Fathurrahman,"Ilkom"):


Data ke 2  

INSERT INTO mahasiswa (nama,jurusan)
        VALUES("Dony Septian,"Farmasi"):


Membuat Table baru Database SQLite
Membuat Table baru

Di data ke 2 kita hanya menggunakan nama dan jurusan, karena kita telah menggunakan keyword PRIMARY KEY dan AUTOINCREMENT ,untuk nilai unik ,dan otomatis membuat baris baru ketika ,kita menginputkan data di dalam table.

  • READ (memilih atau menampilkan data dalam table)

//Pastikan kalian mengetikan command .header on untuk menampilkan header kolom , dan juga .mode column ,untuk menampilkan table dalam bentuk kolom.

SELECT * FROM mahasiswa;


Memilih dan Menampilkan Table Database SQLite
Memilih dan Menampilkan Table

  • UPDATE (memperbarui data di dalam table)

UPDATE mahasiswa SET nama = "Andi Rahman" WHERE npm = 1112;


Memperbarui data di table di Database SQLite
Memperbarui data di table
  • DELETE (menghapus data di dalam table)
DELETE FROM mahasiswa WHERE npm = 1112;



Menghapus data di table Database SQLite
Menghapus data di table


Selanjutnya kalian juga bisa mengelola databasenya, dengan menggunakan tool addon seperti SQLite Manager ,atau menggunakan software atau program DB Browser SQLite , dengan menjalankan fungsi  CRUD (Create Read Update dan Delete) versi GUI (Graphical User Interface) lebih mudah. Namun ,disarankan harus sering-sering membuatnya lewat Command Line , agar kita bisa terbiasa dengan fungsi-fungsi dan keyword dari bahas SQL di dalam SQLite.


0 Komentar untuk "Belajar Membuat Contoh Table Mahasiswa di Database SQLite"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->