5 Tips Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) di OS Windows 7 - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

5 Tips Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) di OS Windows 7

Ransomware adalah salah satu virus (Malware : Malicious Software) yang sangat berbahaya ,yang menyerang para pengguna Komputer di seluruh penjuru dunia , lewat jaringan Internet. Cara kerja virus ini akan menyebar lalu menyerang , dengan cara memblokir atau mengenkripsi data-data penting kalian, lalu akan menampilkan sebuah pesan, menawarkan  tebusan dengan menggunakan uang internet (bitcoin) ,yang dimana jika kita membayar tebusan tersebut ,maka data-data penting kita akan di buka dan di amankan kembali. Namun ,sebagai pengguna Komputer dan Internet ,yang cukup lama ,mungkin kita tidak mudah begitu saja ,meng-iyakan si penyebar virus ,dengan membayarkan tebusan yang diminta. Apalagi menggunakan mata uang bitcoin yang tidak sedikit. Alangkah baiknya , sebelum hal itu terjadi, kita harus mencegah supaya, Komputer kita tidak terserang  oleh Virus ransomware tersebut.



Cara Mencegah Virus Ransomware WannaCry Windows 7


Seperti yang baru-baru ini ,ramai di bincangkan  di Internet , tentang penyebaran jenis Virus Ransomware terbaru, yang sudah memakan banyak korban di beberapa negara di dunia. Jenis Virus baru tersebut menamakan dirinya dengan sebutan "WannaCry" (ingin menangis klo dh kena virusnya haha) ,yang dimana Indonesia termasuk ke dalam korban serangan Virus tersebut. Hal ini membuat pihak kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informasi) merilis siaran pers yang bisa kalian baca disini.

Adapun pada artikel tips kali ini ,kita akan membahas tentang 5 Tips Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) khususnya di OS Windows 7 ,termasuk yang telah diumumkan oleh pihak kominfo.


1. Backup File Data Penting

Sebelum Komputer kalian terkoneksi Internet,  pastikan kalian sudah mem-backup atau mencadangkan, file-file data penting kalian. Seperti project kerja, foto, dokumen pribadi dan lain sebagainya. Seperti menyalin atau mengcopykan file-file data penting,   lewat Hardisk Eksternal, atau media penyimpanan lain secara terpisah.


2. Mengupdate Patch Windows 

Karna jenis Virus Ransomware terbaru ini , menyerang salah satu celah khususnya di OS Windows 7 , Oleh karena  itu akan sangat penting sekali ,Untuk Mengupdate Security Windows dengan yang  terbaru ,seperti yang pihak kominfo katakan , salah satu update Patch Windows ,yang bertujuan mengatasi Ransomware(WannaCry) yaitu Patch MS17-10 ,yang dirilis oleh Microsoft ,yang bisa kalian baca lebih lanjut disini


Untuk melakukan update kalian bisa pergi ke Control Panel > System and Security  > Windows Update


Jika kalian hanya ingin memilih (ceklist) beberapa saja, dari  Update Security yang tersedia. Kalian bisa memilih Change Setting.  Lalu pada bagian Important Updates , pilih "Check for updates but let me chooose whether to download and install them" Jika sudah pilih tombol OK.


Update Manual Windows
Update Manual Windows 

3. Mengupdate Antivirus

Salah satu hal yang penting sekali untuk kita , agar selalu mengupdate Antivirus yang kita install dan gunakan di Komputer kita , untuk mencegah Virus seperti ini muncul ( baca : Ransomware WannaCry) serta virus-virus lainya ,yang juga tidak kalah bahayanya. Pastikan juga Antivirus kalian sudah memiliki fitur proteksi anti Ransomware.



4. Nonaktifkan Fitur SMB v1

Salah satu celah ,yang dimanfaatkan oleh Virus Ransomware WannaCry ini ,yaitu fitur SMB( Server Message Block) ,dari dukungan berbagi file ,yang terdapat di Windows.

Kalian bisa monaktifkan fitur ini pada bagian Windows Features.

Atau agar lebih mudahnya jika kalian pengguna Windows 7 atau versi lainya.

Kalian bisa mendownload registrinya disini. Pilih Run ,lalu Yes  Restart Komputer kalian.


5. Memblokir port 139/445 dan 3389.

Salah satu port yang diindikasikan , atau diserang oleh Virus Ransomware WannaCry ini, adalah port 139/445 dan 3389. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi ,kita harus segera memblokirnya dengan cara:


  • Pergi ke Control Panel > System and Security > Windows Firewall , lalu pilih Advanced Setting.
Windows Firewall
Windows Firewall

  • Di bagian Windows Firewall with Advanced Security. Pilih Inbound Rules , di bagian sebelah kiri , lalu pilih New Rule ,dibagian sebelah kanan.
Windows Firewall with Advanced Security
Windows Firewall with Advanced Security

  • Pilih Port pada bagian  Rule Type lalu Next. 
  
Rule Type
Rule Type
  • Selanjutnya pada bagian Protocol and Ports , pilih TCP lalu isikan ports  = 139,445,3389 pada Specific local ports , setelah itu Next.
Protocol and Ports
Protocol and Ports
  • Di bagian Action , kita bisa pilih Block the connection lalu Next.
Action
Action

  • Di bagian Profile centang atau ceklist pada Domain ,Private dan Public lalu Next.

Profile
Profile

  • Isikan Nama Rule di kolom Name , setelah itu pilih tombol Finish.
Name
Name
  • Seperti yang kalian lihat , pada gambar dibawah Rules baru telah berhasil tersimpan, di bagian Inbound Rules.

Inbound Rules
Inbound Rules

  • Selesai

Demikian artikel tips tentang  Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) di OS Windows 7. Sebagai upaya tindakan pencegahan lainya ,sama halnya mencegah virus-virus selain Ransomware WannaCry ini , menyerang Komputer kalian. Hati-hati dengan file-file unduhan , yang biasanya tersemat di Email , Situs Web , Atau juga Url atau Link yang mencurigakan yang beredar di Social Media. Semoga artikel tips ini bisa membantu kalian. Terima Kasih.

Kalian juga bisa melihat peta penyebaran Virus, Ransomware WannaCry atau WannaCrypt secara online  ,di berbagai negara disini.


0 Komentar untuk "5 Tips Cara Mencegah Virus Ransomware(WannaCry) di OS Windows 7"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->