Perbedaan atribut gravity dengan layout_gravity pada Layout XML - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Perbedaan atribut gravity dengan layout_gravity pada Layout XML

Jika di artikel sebelumnya  , saya telah membahas tentang penggunaan Margin dan Padding pada Layout XML . Pada artikel belajar android kali ini , disini juga saya akan membahas tentang membangun User Interface pada Layout XML ,yang dimana mengenai Perbedaan atribut gravity dengan layout_gravity pada Layout XML. Sebenarnya ,kata-kunci yang paling tepat ,untuk mengambarkan penggunaan atribut gravity dengan layout_gravity  adalah,  jika atribut gravity digunakan untuk posisi inside (didalam View), lalu jika atribut layout_gravity digunakan untuk posisi outside (diluar View).  Untuk lebih jelasnya ,kalian bisa lihat gambar dibawah ,beserta code Layout XMLnya.

Contoh perbandingan atribut gravity dengan layout_gravity android
Contoh perbandingan atribut gravity dengan layout_gravity


Seperti yang kalian lihat , pada gambar diatas. Contoh penggunaan dari atribut gravity ,ditandai dengan warna biru pada bagian atas ,yang berpindah ialah TextView ,seiiring dengan nilai atau value ,yang kita tentukan pada atribut gravity ,entah itu sebelah kanan ,tengah ,atau kiri. Sedangkan jika contoh penggunaan atribut layout_gravity ,di tandai dengan warna hijau ,yang berpindah itu diluar atau area ,yang dimana dilihat berdasarkan ParentViewnya (Contoh diatas :LinearLayout). Beserta nilai atau value ,yang kita tentukan pada atribut layout_gravity ,entah itu sebelah kanan ,tengah ,atau kiri.




Contoh Code XML:



reference 

0 Komentar untuk "Perbedaan atribut gravity dengan layout_gravity pada Layout XML"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->