Cara Membuat Contoh Notification pada Aplikasi Android - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Cara Membuat Contoh Notification pada Aplikasi Android

Notification adalah salah fitur pada perangkat Android,  yang akan menampilkan antar muka(User Interface) baik berupa pesan pemberitahuan ,icon ,text ,background proses, dll,yang dapat kita lihat pada status bar. lalu  user atau pengguna Android ,dapat mengusap ke bawah (mengexpand) , lalu memilih notifikasi tersebut ,untuk melihat lebih detail lagi tentang informasi, salah satu notification tersebut. Notificiaton adalah salah satu fitur ,background services  tertua ,yang ada pada perangkat Android (API Level 1) artinya fitur ini sudah ada semenjak ,Android versi 1.0 Lahir. Hingga sekarang API 24 yang di pakai pada perangkat Android Versi 7.0 (Nougat) ,Notification sudah mengalami,  banyak perubahan entah itu dari segi fitur ,tampilan , yang pasti lebih flekesibel , dan makin memudahkan pengguna Android, dalam menggunakan elemen , atau bagian penting dari notifikasi. 


cara membuat notification di android studio



Notification sering disematkan pada  aplikasi-aplikasi , yang terpopuler saat ini ,Seperti Aplikasi Facebook,Whatsapp,Instagram ,dll. Yang pasti Notification sangat membantu user (pengguna) Android ,menerima informasi atau pemberitahuan pada Aplikasi ,Social Media miliknya.

Nah pada tutorial belajar android, kali ini kita akan mencoba membuat, atau menerapkan Contoh Notification pada Aplikasi di Android Studio. Disini kita akan membangun atau mensetup notification ,dengan menggunakan  NotificationCompat.Builder  ,kemudian kalian dapat menambahkan notification dengan  NotificationManager .



1. Pertama kalian bisa buat project baru , di Android Studio ,dengan nama "Contoh Notification" , atau dengan nama , sesuai kan dengan yang kalian tentukan.


New Project Android Studio
New Project



2. Selanjutnya tentukan Target Android Devices dari Aplikasi kalian , secara default saya menggunakan API 15 untuk minimumnya. Jika sudah pilih Next.

Target Android Devices in Android Studio
Target Android Devices

3. Nah pada bagian Add an Activity to Mobile , disini kita akan memilih pilih Empty Activity lalu pilih Next.

Add an Activity to Mobile
Empty Activity

4. Selanjutnya di bagian Customize the Activity kita hanya perlu memilih tombol Finish.


Cutomize the Activity
Customize the Activity


5.Setelah itu kita tunggu sampai proses building project gradle selesai .



6. Pada activity_main.xml , kita akan buat satu  widget Button ,yang  digunakan untuk menampilkan Notification.


activity_main.xml




7.  Setelah itu pada bagian MainActivity.java , kita akan membangun dan membuat Notification , dengan baris instruksi (codingan) berikut;


MainActivity.java 




8. Setelah kita jalankan ,ketika user atau pengguna mengklik Button. Maka akan muncul Notifikasi , seperti yang ada pada gambar dibawah:


Notifikasi Berhasil Muncul Android Studio
Notifikasi Berhasil Muncul



9. Nah . bagaimana jika kita ingin ,supaya user atau pengguna Android , mengklik Notification Android. Maka muncul Activity baru. Untuk memanggil Activity pada Notification , kita bisa menggunakan PendingIntent. Disini kita akan menggunakan Implicit Intent , jadi ketika user pengguna ,mengklik Notification ,maka akan muncul Aplikasi Browser ,yang bisa dipilih.


Lalu kita rubah codinganya ,menjadi seperti ini.

MainActivity.java 


10. Hasilnya kira-kira akan seperti ini.

Notifcation dengan PendingIntent Android
Notifcation dengan PendingIntent


Nah kurang lebih begitu saja ,kita belajar cara membuat atau menerapkan Contoh Notification sederhana pada Aplikasi Android. Yang pasti untuk seorang pemula ,basicnya pahami itu dlu baru ,setelah itu bisa dikembangkan ,atau di terapkan ke Aplikasi yang lebih complex.


0 Komentar untuk "Cara Membuat Contoh Notification pada Aplikasi Android "

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->