7 Tips Sebelum Mengupgrade atau Merakit(Build) PC Gaming - Okedroid.com | Belajar Coding Android Java Online Gratis
Okedroid.com | Belajar Coding Android Java Online Gratis

7 Tips Sebelum Mengupgrade atau Merakit(Build) PC Gaming

Hardware di Komputer,  merupakan salah satu bagian dari teknologi ,yang terus mengalami perkembangan setiap tahunya , akan selalu ada vendor-vendor baru, yang merilis komponen-komponen hardware di Komputer ,seperti Processor ,VGA Card , Motherboard ,dan lain-lain. Yang pasti jika kita mengikuti teknologi terus menerus ,tidak akan ada habisnya ,jika kita punya spec Komputer begini ,pasti beberapa tahun lagi akan muncul spec Komputer baru ,ujung2nya ya kita harus mengupgrade atau merakit PC baru lagi. Nah oleh karena itu kita harus mensiasatinya  dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan kita . Ini penting ,apalagi kalau kalian bertanya ,di forum-forum online di Internet ,pasti kebanyakan akan ditanyai soal itu.

7 Tips Sebelum Mengupgrade atau Merakit(Build) PC Gaming



Nah pada artikel kali ini , saya akan berikan beberapa tips buat kalian,  yang ingin mengupgrade atau merakit Merakit(Build)  PC dengan kategori Gaming. 


1. Memilih Motherboard 

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit dalam bentuk (PCB),  yang bertugas menyelaraskan beberapa komponen-komponen hardware yang akan menghasilkan ,suatu sistem pada Komputer. Jika kita ingin mengupgrade Komputer , sebelumnya pastikan kita melihat socket yang sesuai dengan motherboard kita ,apakah itu seri lama atau seri baru. Nah bagi kalian yang ingin Merakit (Membuild) baru PC Gaming ,di sarankan untuk memilih seri motherboard yang terbaru ( Saat artikel ini ditulis : 1151 Skylake) ,karena yang pastinya untuk memudahkan kalian ingin upgrade nantinya.


Berikut beberapa list socket motherboard yang umumnya beredar di pasaran:

Untuk Processor Intel :
  • Socket LGA 775 (2004-2007)
  • Socket LGA 2011 (R - 2011)
  • Socket LGA 1155 (H2 - 2011)
  • Socket LGA 1150 (H3 - 2013)
  • Socket LGA 1151 (H4 - 2015)
Untuk Processor AMD :
  • Socket AM1
  • Socket AM2
  • Scoket AM3
  • Socket FM1
  • Socket FM2

Setelah itu ,pilih jenis chipset motherboard ,yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Contohnya : Jenis chipset yang beredar di pasaran untuk motherboard seri terbaru saat ini ,yaitu Skylake (1151) memiliki 4 jenis  yaitu : H110 , H170, B150 ,dan Z170. Ketiganya memiliki fitur yang berbeda Tergantung vendor dan spesifikasi yang ada pada motherboard tersebut. Jadi usahakan kalian mengecek spesifikasi yang di tawarkan pada merk dari chipset motherboard di situs resminya. Misal Z170 diperuntukan untuk processor yang memiliki fitur overclock , beserta kecepatan dukungan ram ,jadi bisa dibilang masuk kedalam kategori high-end. Nah untuk H110 ,masuk kategori low level atau kelas mainstream.

Dan juga jika terdapat seri -M. Seperti chipset B150 berbeda dengan B150M. B150 merupakan motherboard tipe ATX dilihat dari segi size atau ukuran. B150M merupakan motherboard tipe Micro -ATX. Ya intinya sesuaikan juga dengan Casing kalian. Disarankan memakai casing Gaming. Serta biasanya Motherboard yang dikhususkan untuk gaming .terdapat seri kata gaming  , seperti MSI H110M Gaming , Asus E3 Pro Gaming V5 dll. Untuk Motherboard karena peranya sangat vital ,disarankan memakai merk-merk yang terkenal, Seperti : Asus ,Gigabyte ,MSI dll. Pertimbangkan juga garansi yang ditawarkan.


Tips : Pilih Motherboard sesuai kebutuhan kalian nantinya , lihat spesifikasi lengkapnya ,dengan mengunjungi situs web resmi dari brand atau merk Motherboard tersebut.


2. Memilih Processor Sesuai Socketnya 

Proccesor atau dikenal CPU( Central Processing Unit) merupakan otak dan inti dari Komputer ,berfungsi untuk memproses dan mengeksekusi perintah pada perangkat lunak (Software). Setelah kita memilih dan menentukan ,Motherboard mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. Selanjutnya kita memilih Processor apa yang digunakan. Disarankan jika kalian menggunakan Komputer untuk gaming pilih antara seri i3 atau i5 ,untuk Intel ,untuk Amd ,kurang begitu tahu untuk serinya. Yang pasti usahakan pilih processor dengan kemampuan quad core (4 Core ) , (4 threads) level cache 6mb atau lebih. Sudah mampu memainkan Game AAA terbaru saat ini. Untuk bahan perbandingan spesifikasi dan performa dari Processor tersebut ,kalian bisa mengunjungi situs web . gamedebate.com dan CPUBoss.com, CPUuserbenchmarkatau juga bisa mengunjungi Youtube ,lalu search atau cari dengan keyword seri Processor yang kalian pilih. 

Bedasarkan referensi dan pengalaman , umumnya Processor merupakan salah satu komponen hardware yang paling tahan dan awet ,jadi kalian bisa memilih dan menggunakan Processor untuk jangka panjang. Sebenarnya balik lagi tergantung dari spesifikasi minimum atau recomended dari Game itu sendiri. Jika Game tersebut meminta processor dual core , ya kalian cukup beli seri i3 saja untuk kedepanya. Tapi alangkah baiknya jika kalian memang punya budget lebih ,kenapa tidak untuk pilih seri i5, yang dimana sudah dijamin bakal melahap game-game terbaru saat ini (berdasarkan statistik dari gamedebate.com).Atau kalian bisa bersabar untuk menunggu, seri generasi terbaru dari intel dan Amd.


Tips :  Pilih processor sesuai Socketnya , contoh : Socket Motherboard 1151 ,disandingkan dengan Processor ,Intel Core i3-6100 3.7Ghz  ,Intel Core i5-6500 3.2Ghz dll. Untuk dapat memainkan game AAA terbaru saat ini ,disarankan memakai seri i5. Kunjungi situs web (link diatas) , untuk perbandingan. Sesuaikan juga HSF yang kalian pakai ,untuk processor yang max TDP nya 65w ,menggunakan stock cooler dirasa sudah cukup, jika lebih dari itu ,kalian harus menggunakan Air cooler atau Water cooler.



3. Pilih PSU (Power Supply)

Power Supply adalah salah satu perangkat Komputer yang bertugas mengubah arus listrik AC (bolak-balik) ke  DC (searah) dan menyuplai kebutuhan daya ke seluruh Komponen Hardware Komputer ,seperti Motherboard,Fan Case, Processor, Hardisk,DVD , dll. Sebelum kita membuild PC Gaming ,alangkah baiknya kita memperhatikan PSU pure dan mendapatkan sertifikat 80+ atau tidak. Karena agar Komponen Hardware kita awet dan berumur panjang ,serta dapat menerima supply daya sesuai dengan kebutuhanya.

Tips : Jika kalian tidak ingin membuild ,PC Gaming dengan Overclock kalian bisa memilih PSU pure dengan sertifikat 80 + dengan daya 400-500w. Serta garansi yang di tawarkan pada merk PSU tersebut .Untuk menghitungnya kalian bisa membaca artikel sebelumnya disini. Untuk melihat Merk PSU mana yang sudah mendapatkan sertifikat 80 +, kalian bisa mengunjungi Situs 80 plus List .


4. Memilih VGA card

VGA card atau bisa juga disebut VGA Addon ,berfungsi untuk memproses dan merendering tampilan (input) pada layar monitor(output).VGA card sering digunakan untuk kegiatan gaming atau rendering. Untuk gaming banyak pilihan VGA card yang di tawarkan Nvidia dan AMD Radeon ,yang di pasarkan dari berbagai merk atau brand terkenal. Kalian juga dapat melihat perbandingan kinerja dan performa VGA tersebut pada situs web game debate dan gpuboss ,Gpuuserbenchmark ,atau video Youtube.



Tips : Selain performa , pilihlah VGA card sesesuaikan budget, dan juga monitor yang kalian pakai.Untuk kelas mainstream monitor saat ini biasanya menggunakan resolusi 1366x 768 , dan juga untuk full HD menggunakan 1980 x 1080. Serta dukungan dari Konektor VGA card dan juga monitor kalian. Konektor umumnya saat ini yang digunakan seperti : HDMI,D-Sub(VGA) ,Display port,DVI dll. Harga untuk sebuah VGA card di kelas entry level atau mainstream ,umumnya di range harga 1 -2 Juta. Jika kalian cenderung memainkan game-game bertipe Esport seperti :Overwatch ,Dota 2, LoL ,CS Go .dan lain-lain. Kalian bisa memilih seri Nvidia Geforce 1050 ti ,atau Radeon Rx 460. Sesuaikan juga dengan kebutuhan PSU, yang digunakan bisa baca disini.


5.  Memilih RAM


RAM (Random access memory) ,berfungsi untuk menyimpan dan memproses data sementara ,saat kita menjalankan pertama kali Komputer kita , dan juga saat kita menjalankan beberapa Aplikasi ,yang digunakan secara bersamaan secara random. RAM yang digunakan untuk gaming, disarankan menggunakan RAM bertipe Dual Channel atau Multi Channel.Dan juga tipe memory RAM ,bisa menggunakan tipe DDR3 atau DDR4 (terbaru),yang dimana itu tergantung dari spesifikasi dukungan dari motherboard tersebut. 




Tips : Disarankan menggunakan RAM bertipe Dual Channel .kategorinya bisa (2x4 GB) atau (2x8 GB) yang pasti,  sesesuaikan dengan dukungan motherboard dan dan kebutuhan kalian. 



6. Memilih Hardisk atau SSD

Hardisk atau bisa disebut HDD ,berfungsi untuk menyimpan dan memproses data secara permananen. Hardisk biasanya digunakan untuk menyimpan Sistem Operasi ,data-data file kita seperti dokumen,gambar,game,aplikasi dan lain-lain.  Nah ,untuk membuild PC Gaming ,yang dimana Game-game jaman sekarang menuntut  kebutuhan penyimpanan Hardisk, yang begitu besar ,sampai berpuluh2an gigabyte. Disarankan memakai Hardisk dengan ukuran 1 TB - 2 TB keatas ,agar kita bisa menyimpan banyak game di Komputer kita. SSD sama sebenarnya fungsinya seperti Hardisk (HDD) ,namun memiliki fitur dan keunggulan teknologi yang berbeda dari Hardisk , untuk lebih jelasnya bisa baca selengkapnya. Dengan menggunakan SSD saat kita membuka pertama kali ,seperti saat kita booting (menjalankan komputer) ,menjalankan beberapa Aplikasi atau Game , akan terasa lebih cepat dibanding kita menggunakan Hardisk.



Tips :  Jika mempunyai budget berlebih , sisihkan untuk membeli SSD ,ukuran nya disarankan kecil saja 120 GB an ,jika hanya untuk menyimpan sistem dan game atau aplikasi yang ukuran kecil .Namun untuk ukuran yang besar bisa menyimpanya di Hardisk.



7. Memilih Casing Gaming

Casing atau Case ,adalah sebuah tempat kita menyimpan beberapa Komponen Hardware Komputer,  yang telah di sebutkan diatas. Casing jenis Gaming sangat-sangat berbeda fitur dan desainya dibandingkan dengan casing biasa. Casing jenis Gaming ,umumnya memiliki airflow yang baik untuk menjaga suhu Komponen Hardware Komputer kita, serta Cable Management yang baik ,agar tidak semrawut dilihat dari luar ,dan juga pastinya designya yang keren yang digunakan untuk show off (pamer).


Tips : Sangat disarankan untuk membeli Casing Gaming ,serta sekali lagi sesuaikan budget kalian. Pilihlah Casing Gaming yang murah meriah ,di sekitar range 300-500ribuan. Tapi ,itu juga tergantung selera kalian terhadap casing itu. Jika casing itu dirasa menarik,  dari segi desain dan fitur-fiturnya , kalian bisa memilih Casing tersebut.


Nah sebenarnya masih banyak lagi ,tapi  kurang lebih itu saja tips yang bisa ,saya bagikan ,jika kalian ingin  Mengupgrade atau Merakit(Build) PC Gamng. Karena balik lagi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kalian ,serta pastikan kalian mengikuti kurs dollar hari ini. Karena bisa saja harga perangkat tersebut hari ini naik ,besoknya turun , mengikuti nilai tukar rupiah terhadap dollar. Jika ada kesalahan dan penambahan mungkin akan saya update nanti. Terima Kasih
0 Komentar untuk "7 Tips Sebelum Mengupgrade atau Merakit(Build) PC Gaming"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini

Back To Top
-->