Membahas Update Android Studio Versi 2.2 - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Membahas Update Android Studio Versi 2.2

Pada tanggal 20 September kemarin,  Android Studio mengalami update (Pembaruan) pada versi 2.2 ,versi ini  sudah dinanti-nantikan jutaan developer Android di dunia ,semenjak di perkenalkan di Google I/O 2016. Karena di versi ini banyak sekali fitur-fitur yang banyak di perbarui ,baik dari segi ,UI ,atau tools ,dan lain-lainya, kita akan bahas disini. Pastinya Google atau khususnya Team Android Developer,melakukan Update berdasarkan FeedBack(Masukan) banyak Developer ,yang berguna untuk meningkatkan kinerja developer Android,  dalam membuat dan mengembangkan Aplikasi Android.

Membahas Tentang Update Android Studio Versi 2.2



Pada update kali ini terdapat banyak peningkatan dan penambahan fitur,  salah satunya pada bagian ,Layout Editor ,dan adanya fitur Apk Analyzer ,Layout Inspector , fitur dari IntelliJ’s 2016.1.3 dan masih banyak lagi. Yang pasti tidak keseluruhan fitur akan saya bahas disini , akan tetapi fiturnya  sangat menarik untuk kalian coba di Android Studio versi terbaru ini.


A). Design

  • Layout Editor :  Fitur ini memudahkan kalian khususnya para designer Android , untuk mendesain layout pada User Interface (Antar Muka) Aplikasi ,serta lebih mudah menata tata letak view atau widget. Serta memiliki dua layar yang dimana satu layar lagi adalah sebuah blueprint mode ,yang terdapat nama-nama widget.

Layout Editor  Android Studio 2.2
Layout Editor ( source :Android Developer)
  • Constraint Layout :  Merupakan layout manager yang fleksibel yang baru disematkan , di Android Studio 2.2 ,yang dapat memungkinkan kalian mengatur layout user Interface pada Aplikasi kalian secara dinamis , tanpa harus menggunakan nested multiple layout (layout banyak bersarang). Serta dapat digunakan juga untuk API versi old (lawas atau jadul ). seperti API level 9 Gingerbread. 


Constraint Layout Android Studio 2.2
Constraint Layout ( source :Android Developer)

Baca juga : Belajar Membangun UI Sederhana ConstraintLayout di Android Studio

B). Develop 


  • Dukungan peningkatan C++ : Kalian sekarang bisa menggunakan Cmake atau NDK build, untuk melakukan coding atau pemrograman, dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Serta mengcompilenya lewat Gradle di Android Studio. Di versi Android Studio baru ini ,akan ditingkatkan fitur dukungan bahasa pemrograman C++ , yang dimana kalian dapat migrasi project dari Cmake build system ke Android Studio dengan lancar.

Dukungan C++
Dukungan C++ ( source :Android Developer)
  • Sample Browser  : Dengan fitur ini kalian dapat dengan mudah mengetahui ,referensi dari salah satu baris instruksi (codingan), yang kalian blok lalu klik kanan ,  serta memilih Find sample code.  Jadi jika kalian menemukan salah satu code yang asing (belum dikenal) ,kalian bisa mencari tahu dengan menggunakan fitur ini,lalu akan muncul hasilnya di bagian bawah layar Find Sample Code , jika kalian klik kalian akan di arah kan ke resource aslinya.

Sample Browser Android Studio 2.2
Sample Browser ( source :Android Developer)

C). Build 


  • Peningkatan Instant Run : Instant run memang sudah digunakan semenjak versi 2.0 , namun kali ini instant run akan mengalami peningkatan , yang dimana menjadi lebih cepat dan ringan. Fitur ini akan aktif ketika kita menjalankan Aplikasi,  yang kita buat atau kembangkan  lalu menjalankanya di Android Studio, untuk di tampilkan hasilnya di Real Device ataupun Emulator. Kalian juga dapat mengaktifkan/menonaktifkan fitur ini , lewat bagian menu Settings > Pilih Build, Execution, Deployment lalu Instant Run (untuk Windows dan Linux).


Instant Run
Instant Run ( source :Android Developer)
  • APK Analyzer  :  Fitur ini memungkinkan kalian dapat menginspeksi atau memeriksa , konten yang ada di dalam APK (Android Package) kalian.  Lalu akan menampilkan size atau ukuran dari tiap-tiap komponen file yang ada di dalam APK. Fitur ini berguna untuk yang mengalami masalah pada multi-dex. Di tambah lagi kalian juga bisa membandingkan dua versi tiap masing-masing APK.
APK Analyzer Android Studio 2.2
APK Analyzer ( source :Android Developer)



Nah kurang lebih itu saja yang saya bahas , jika kalian ingin lihat lebih lengkap lagi kalian bisa mengunjungi situ web Android Developer resmi. Selengkapnya disini. Yang pasti saya sarankan juga kalian sudah mulai beralih dari jdk 7 ke jdk 8 , karna dukungan API 24 atau Android Nougat 7.0 harus menggunakan JDK 8. Cara install dan Setting Pathnya sama saja dengan JDK 7. Kalian bisa lihat disini: 



0 Komentar untuk "Membahas Update Android Studio Versi 2.2"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini

Back To Top
-->