Okedroid.com | Belajar Coding Android Java Online Gratis

Tips Membuat Gambar SVG(Scalabe Vector Graphic) di Android Studio

SVG adalah kepanjangan dari Scalabe Vector Graphic ,merupakan format file yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar dengan menggunakan extensi .xml, yang telah dikeambangkan oleh Word Wide Web Consortium (W3C).Nah karna SVG ini dapat bekerja pada teknologi Java. Di Android Studio kita dapat membuat dan menampikan ,format gambar SVG yang berekstensi .xml , dengan dukungan library Lollipop (API v21).Kelebihan kita menggunakan gambar vector yaitu bersifat scalable , maksudnya ketika gambar diperbesar ,atau diperkecil ,gambar tidak akan kehilangan kualitasnya (ex : pecah,redup).Ini sangat berguna jika kalian sedang , mengembangkan dan membuat Aplikasi dengan banyak tipe layar (screen).Kalian hanya cukup memanggil satu format file SVG (extensi .xml) ini saja.




Tips Cara Membuat Gambar SVG(Scalabe Vector Graphic) di Android Studio




Pada tips dan trick kali ini kita akan mencoba membuat dan menampilkan gambar SVG ini , pada Aplikasi di Android Studio.



1. Pertama buka project Android Studio kalian.


2. Pada folder drawable (app/res/drawable).  Kalian klik kanan lalu pilih New > Vector Asset.



Vector Asset Android Studio
Vector Asset

3. Pada bagian Vector Asset Studio , pilih tombol Choose maka akan muncul pilihan icon-icon seperti yang terlihat pada sebelah kanan gambar dibawah ,kalian bisa memilihnya salah satu jika sudah klik OK.


Select Icon Vector Asset Android Studio
Vector Asset Studio

4. Setelah icon terplih ,  kalian juga bisa mengatur ukuran size , opacity pada file icon tersebut, yang akan terlihat perubahanya di bagian Vector drawable preview. Jika sudah pilih Next.

Vector Drawable Preview
Vector Drawable Preview


5.Selanjutnya kalian bisa menentukan target module dan juga res directornya ,pada file icon tersebut. Jika sudah pilih Finish.


Vector Aset Studio
Vector Aset Studio


6.Selesai maka file vector akan terlihat seperti pada gambar dibawah.Untuk penggunaanya/menampilkan file vector sama saja seperti kita menampilkan file gambar berextensi .png di folder drawable.


File Gambar SVG drawable android studio
File Gambar SVG


7. Untuk contoh penggunaanya bisa lihat gambar dibawah.




Penggunaan file Vector Android Studio
Penggunaan file Vector


Nah demikian tips dan trick membuat dan menampilkan file gambar vector atauSVG(Scalabe Vector Graphic)   dari saya , semoga bisa membantu kalian yang sedang membuat dan mengembangkan Aplikasi Android.


0 Komentar untuk "Tips Membuat Gambar SVG(Scalabe Vector Graphic) di Android Studio"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini

Back To Top -->