Pengenalan dan Jenis-Jenis Data Storage pada Android - Okedroid.com | Belajar Coding Android Java Online Gratis
Okedroid.com | Belajar Coding Android Java Online Gratis

Pengenalan dan Jenis-Jenis Data Storage pada Android

Data Storage adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Pada perangkat Android ,database yang digunakan adalah SQLite. Sqlite adalah sebuah software RDBMS(Relational Database Management System)  yang mendukung secara native (asli) untuk perangkat Android. Sqlite merupakan suatu sistem manajemen database ,yang mempunyai sifat ACID-compliant, yang diprogram dengan bahasa C, dan mempunyai  size atau ukuran memori yang relatif kecil. Karna Sqlite termasuk database engine yang embedded (tersemat),jadi perintah Sqlite  yang bisa digunakan hanya perintah-perintah standar saja. Serta Sqlite hanya mendukung tipe data seperti NUMERIC, DATETIME,TEXT ,dan lain-lain. 

Pengenalan dan Jenis-Jenis Data Storage pada Android
Data Storage



Sqlite termasuk database yang sangat ringan , dan juga tidak perlu memakai tool lain ,serta setup atau administrasi lainya untuk menggunakanya. Jadi kalian hanya perlu , mendefinisikan perintah-perintah SQL untuk membuat atau memperbarui database. Kemudian secara otomatis database akan diatur oleh system di perangkat Android. 


Jenis-Jenis Data Storage pada Android 



Android mempunyai beberapa jenis data storage, untuk menyimpan data salah satunya seperti berikut:


  • Internal Storage : Kalian dapat menyimpan file atau data secara langsung, pada perangkat memori internal. File atau data akan disimpan pada memori internal secara private  pada Aplikasi, dan Aplikasi lain tidak dapat mengaksesnya termasuk juga untuk user (pengguna).  
  • External Storage : File atau data akan disimpan pada memori external (seperti micro SD ) atau internal (non -removable) secara publik , serta dapat diakses dan dimodifikasi oleh user (pengguna).
  • Shared preferences : merupakan sebuah framework (kerangka) umum ,yang memungkinkan user (pengguna ) menyimpan data secara private , dalam bentuk key- value pairs (kunci nilai berpasangan ) dari tipe data primitif. Contoh tipe data primitif seperti :booleans, floats, ints, longs, and strings dll.
  • Sqlite Database : File atau data akan disimpan terstruktur di database secara private.
  • Network Connection :  File atau data akan diambil dari web , menggunakan jaringan server.


Demikian artikel tentang pengenalan dan Jenis-Jenis Data Storage pada Android. Jika ada kekurangan kalian bisa berkomentar dibawah. Terimaksih


0 Komentar untuk "Pengenalan dan Jenis-Jenis Data Storage pada Android "

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini

Back To Top
-->