Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java

Oke artikel tentang belajar java kali ini ,saya buat khusus untuk kalian yang ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android. Namun masih terkendala dalam logika pemrograman Java. Karena Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, intinya kita harus mengenali dan memahami dulu ,syntax(tata bahasa) dalam pemrograman Java. Belajar syntax bahasa java sama halnya ,saat kita ingin belajar grammar di bahasa inggris untuk berbicara. Seperti saat kita ingin ke luar negeri  ,minimal kita harus punya kemampuan bahasa inggris yang cukup ,untuk memahami budaya dan orang-orang sekitar.




A). Sekilas tentang Java


Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) , artinya bahasa ini mudah dipahami oleh manusia pada umumnya , karena menggunakan bahasa sehari-hari manusia. Java dulu dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems  , oleh James Ghosling ,Patrick Naughton, dan Mike Sheridan  pada tahun 1991, dan memerlukan kurang lebih 18 bulan ,untuk mengembangkan versi pertama dari Java yang dulu bernama Oak, yang dimana sekarang Java diakuisisi oleh perusahaan Oracle.

Sejarah Versi Java :


  1. JDK Alpha and Beta (1995)
  2. JDK 1.0 (23rd Jan, 1996)
  3. JDK 1.1 (19th Feb, 1997)
  4. J2SE 1.2 (8th Dec, 1998)
  5. J2SE 1.3 (8th May, 2000)
  6. J2SE 1.4 (6th Feb, 2002)
  7. J2SE 5.0 (30th Sep, 2004)
  8. Java SE 6 (11th Dec, 2006)
  9. Java SE 7 (28th July, 2011)
  10. Java SE 8 (18th March, 2014)

james ghosling ialah salah satu pendiri java
James Ghosling (Java)

Bahasa java mirip dengan bahasa C++ ,  namun dikembangkan agar mudah dipahami dan dipakai. Java menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming) ,artinya semua inti program dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek. Java termasuk platform independent , yang artinya kalian bisa menjalankan dengan berbagai Macam OS(Sistem Operasi ) dan arsitektur komputer. Seperti pada perangkat Android dari Google ,dan Beberapa Aplikasi Desktop ,seperti program AntiVirus , program media player, Aplikasi Enterprise dll.

Java digunakan untuk :

1. Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)

2. Web Aplikasi

3. Aplikasi Perusahaan

4. Aplikasi Mobile (Android)

5. System Tertanam

6. Robot ,Game dan sebagainya.




Ada 2 Software IDE yang banyak digunakan oleh orang-orang ,untuk tempat coding bahasa pemrograman Java. Yaitu Netbeans dan Eclipse. 



B). Keunggulan atau Kelebihan Java


  • Mudah dipelajari

Java memiliki salah satu keunggulan , yaitu mudah dipelajari oleh semua orang , karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.

  • Merupakan bahasa OOP

Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu , untuk mengembangkanya jauh lebih mudah , serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.

  • Banyaknya API

Java memiliki banyaknya  API (Application programming interface ) , yang siap dikembangkan untuk keperluan para programer Java.

  •  Robust

Java juga memiliki kemampuan ,untuk menangani kesalahan pada coding ,khususnya pada erorr checking atau erorr runtime. Seperti pada Exception Handling. Java juga mempunyai fitur memori managemen yang handal, seperti Garbage Collector.


Alur Eksekusi Program Java:

Alur Eksekusi Program Java
Alur Eksekusi Program Java
C).  Konsep OOP :


Konsep di OOP (Object Oriented Programming) , memiliki beberapa Konsep salah satunya:

  • Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk tempat menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file  extention .java. jadi jangan salah. Contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan nyata dari Class adalah: class binatang ,class mobil ,class buah dll.
  • Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object adalah sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object di definisikan sebagai state ,dan behaviour dari Class. Contoh yang bisa kita ambil , dari kehidupan nyata dari object, dari class binatang ,kita bisa mengambil obyek , yaitu ,kucing,ayam,anjing dll.

Contoh Class dan Object pada Manusia Java
Contoh Class dan Object Manusia

  • Atribute merupakan sebuah unsur data yang ada di class, Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field.  Atribut bisa juga disebut state dari objek tersebut. Misal Manusia Mempunyai atribut atau state : Nama ,Tinggi,Berat,Umur dan Jenis Kelamin.
  •  Method merupakan sebuah perilaku (behavior) dari sebuah class. Method bisa disebut juga perilaku dari objek tersebut : Misal Manusia mempunyai method : Berjalan ,Berlari ,Loncat,Berbicara ,dan Tidur.

  • Method terbagi menjadi dua jenis ,method void dan methon non void. Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method non void sebaliknya method yang mengembalikan nilai. Contoh method void seperti : public static void main(String[] args). Selengkapnya tentang Method.

 
 Jadi maksud dari Java berorientasi pada objek itu , semua status dan method mengacu pada obyek ,yang dimana itu adalah wujud real atau nyata dari sebuah Class ,yang ada pada bahasa pemrograman Java.


Contoh Atribute dan Behavior Java
Atribute dan Behavior
  • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu mekanisme membungkus suatu data (variabel) , agar tidak dapat di akses oleh class lain, dengan menggunakan modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di akses di main class ,dengan menggunakan method modifier public.
  • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat  mewarisi sifat atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
  • Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang memiliki nama sama ,namun dengan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan objek agar melakukan perilaku atau tindakan  yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
  • Abstract adalah sebuah class  yang memiliki posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java ,yang berfungsi untuk di implementasikan pada class turunanya . Jadi class abstract di ciptakan untuk class dan method , yang dimana kita tidak dapat menginstansiasi atau membuat objek baru dari class abstract , dan juga tidak mempunyai body pada method , di dalam class Abstract. Pointnya kita hanya bisa menggunakan dan mengimplementasinya,  pada class turunanya seperti membuat statement.
  • Interface adalah sebuah kumpulan method secara struktur di bahasa pemrograman Java , yang berfungsi untuk tempat menyimpan method kosong dan atribut yang bersifat constant atau final  , serta tidak mempunyai Implementasi. Kita dapat mengimplementasikan(keyword : implements) interface dengan class lain ,serta dapat mewariskan (keyword : extends ) dengan interface yang lain. Di dalam sebuah class juga kita dapat mengimplementasikan atau mewariskan  lebih dari satu interface , ini biasa di sebut Multiple inheritance . Interface tidak dapat di instansiasi sama seperti class abstract, dan juga method di Interface harus di set modifier ke  public. Sebuah class yang mengimplementasi Interface , wajib hukumnya untuk mengimplementasi method-method yang tersedia di Interface.



D). Modifier 

Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:

Modifier Akses Java
Modifier Akses Java

  • Public
    dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
  • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
  • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.

Syntax Membuat Obyek baru Java
Syntax Membuat Obyek baru Java


Contoh Program Java :

latihan1.java



latihan2.java



Output:

Hello Java !!




Dasar Syntax Java:

Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya adalah :


  • Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata "HelloWorld" dengan "helloworld" sangat berbeda.
  • Nama Class :  untuk nama class huruf pertama harus  menggunakan huruf besar. (contoh :  class NamaClass )
  • Nama Method : untuk nama method huruf pertama harus menggunakan huruf kecil. ( contoh : public void namaMethodSaya()  )
  • Nama Program :  nama program java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class NamaClass , program file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.

Baca selanjutnya : Belajar Mengenal Tipe Variable Bahasa Pemrograman Java

0 Komentar untuk "Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java "

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->