7 Tips Sebelum Upload Aplikasi ke Google Play Store - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

7 Tips Sebelum Upload Aplikasi ke Google Play Store

Bagi kalian para developer Android yang ,sedang mengembangkan Aplikasi Android. Agar Aplikasi kalian dikenal dan digunakan oleh user (pengguna ) , pastinya kalian harus mempublikasikan Aplikasi  yang telah kalian buat ke Toko Aplikasi , khususnya untuk  Android di Google Play Store.Nah di artikel tips kali ini ,saya akan membagikan tips sebelum kalian mengupload atau mempublikasikan Aplikasi kalian ke Google Play Store. Simak tipsnya berikut :



7 Tips Sebelum Upload Aplikasi ke Google Play Store



1. Membuat Akun Developer Console 

Agar kalian dapat mengupload Aplikasi di Google Play Store, kalian harus membuat akun developer console  terlebih dahulu. Tersedia banyak jasa untuk pembeliannya di Internet , kalian bisa menggunakan VCC , atau kartu kredit untuk membayar Akun Google Play Developer seharga 25 $ . Akun ini akan berlaku selamanya atau seumur hidup , jadi tak ada potongan biaya lain untuk membuat akun ini.


2. Membaca Resep Sukses Developer

Bagi kalian yang bingung dan ingin mencari panduan tentang developer console, kalian perlu membaca buku resep sukses ini , yang bisa di dapatkan secara gratis yang dibuat oleh Google. Buku ini berisi panduan lengkap ,  tentang bagaimana mengembangkan aplikasi yang telah kalian upload sukses di Google Play Store.  Kalian bisa membaca nya melalui link berikut.


3. Membuat keystore pada Aplikasi.

Sebelum kalian upload ,kalian harus membuat keystore terlebih dahulu. Keystore ini digunakan ibarat sertifikat digital bahwa Aplikasi kalian siap dirilis. Serta keystore ini juga digunakan untuk mengupdate versi Aplikasi yang telah dirilis di Google Play Store. Untuk cara pembuatanya kalian  bisa baca link berikut: 


4. Pastikan tidak ada Bugs (kesalahan ).

Pastikan sebelum digunakan oleh user (pengguna ) , kalian harus memastikan tidak ada bugs (kesalahan ), terlebih dahulu pada Aplikasi kalian. Disarankan juga untuk testing atau debugging , kalian gunakan perangkat (Real Device ) perangkat Smartphone atau Tablet. Jadi jangan memakai emulator untuk , Aplikasi yang akan siap dirilis secara public (umum ).


5. Menggunakan Proguard.

Proguard ini digunakan untuk mengoptimalkan ukuran dan resource , file apk kalian. Proguard juga  digunakan untuk keamanan pada fitur aplikasi yang sensitif seperti data user dll. Selengkapnya bisa baca link berikut.


6. Ciptakan aplikasi yang berguna dan bermanfaat

Oke pastinya agar dapat digunakan banyak user (pengguna) Android. Kalian harus menciptakan Aplikasi yang berguna dan bermanfaat. Disarankan jangan dulu buru-buru di monetize (diiklankan admob) , jika Aplikasi kalian belum banyak digunakan oleh user (pengguna) . Mengutip perkataan mendiang Steve Jobs  "Ciptakan produk Berkualitas, Maka uang akan mengikuti". 


7. Mematuhi Kebijakan Google Play Store.

Agar aplikasi kalian ,awet dan tidak bermasalah. Pastinya kalian harus mematuhi kebijakan yang telah di buat , saat kalian mempublikasikan Aplikasi di Google Play Store. Seperti judul ,konten gambar ,musik  Aplikasi kalian tidak mengandung hak cipta atau merk dagang yang sudah terkenal . Selengkapnya kalian bisa baca link berikut.


Demikan tips dari saya , semoga berguna dan bermanfaat bagi kalian, developer pemula yang ingin Mengupload atau mempublikasikan Aplikasinya ke Google Play Store. Jika ada kekurangan atau kesalahan kalian bisa komentar dibawah . Terima kasih.



0 Komentar untuk "7 Tips Sebelum Upload Aplikasi ke Google Play Store"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->