7 Tips Mengatasi Stuck(Erorr) Saat Coding di Android Studio - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

7 Tips Mengatasi Stuck(Erorr) Saat Coding di Android Studio

Semua orang didunia pasti sering ,merasakan Stuck (Erorr) ketika membuat program Aplikasi di Komputer.Hal ini justru membuat kita menjadi programmer handal ,karna dengan kesalahan tersebut. Kita bisa belajar dari pengalaman baru,dan melakukan cara yang berbeda agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Sama halnya seperti saat kita menjadi developer Android ,ketika membuat dan memprogram Aplikasi kita di Android Studio. Saya dan kalian pun pasti sering merasa Stuck (Erorr) , dan bingung ketika Aplikasi yang kita buat, tinggal beberapa sekian % lagi jadi. Namun tiba-tiba Stuck (Erorr) di tengah jalan, entah tidak tahu apa penyebabnya.



7 Tips Mengatasi Stuck(Erorr) Saat Coding di Android Studio



Nah untuk itu saya akan berbagi 7 tips ketika kalian sedang Stuck (Erorr) , saat membuat Aplikasi Android di Android Studio.



1). Analisis kesalahan 


Pastinya kita harus tahu step by step kenapa kesalahan itu muncul , saat kita mencoba mengcompile (merunning ) project. Biasanya hanya masalah kecil saja ,bisa berakibat fatal. Seperti kesalahan penamaan file-file atau syntax, saat kita menerapkan baris intruksi (codingan).Karna program Aplikasi Android ,menggunakan bahasa pemrogramman java yang dimana  penamaanya bersifat case-sensitive, membedakan huruf besar dan kecil.Nama file yang erorr biasanya akan ditandai dengan warna merah ,di Android Studio.


2). Check tiap-tiap file.

Kedua ketika kesalahan muncul , kita bisa mengecheck tiap-tiap file. Apa ada baris intruksi (codingan ) yang salah kita lupa mensetting sesuatu. Seperti pada file AndroidManifest.xml , jika Aplikasi kita menggunakan koneksi internet contohnya kita harus menerapkan User Permission pada file AndroidManifest.xml.Pada build.gradle apa kita lupa mengimport library pada bagian dependencies sehingga kesalahan muncul. Dan lain-lain.



3).Menggunakan build >Clean 

Ketiga terkadang saya sering mengalami hal ini , ketika sebuah program Aplikasi sudah benar baris intruksi (codingan )nya. Namun tiba-tiba saat  kita mau mengcompile - merunning project , muncul popup window Aplikasi tidak bisa dijalankan. Biasanya ini terjadi  erorr pada R. Java. Kita bisa menggunakan build pada menu toolbar di Android Studio ,lalu pilih Clean Project.

Build >Clean Project Android Studio
Build >Clean Project


4). Manfaatkan fitur logcat

Di Android Studio kalian bisa memanfaat kan fitur logcat , untuk mendeteksi kesalahan-kesalahan yang muncul saat kita coding.Logcat dapat dilihat pada bagian bawah Android Monitor ,lalu kalian bisa melihat tampilan bagian yang Erorr pada layar tersebut.

Android Monitor Logcat
Android Monitor Logcat


5). Copykan pesan erorr ke Google Search.

Kalian bisa salin atau copykan ,pesan erorr kalian ke Google Search. Jadi bagi developer Android syarat terhubung atau terkoneksi Internet adalah hal mutlak. Di Google Search kalian bisa melihat orang yang mengalami kesalahan yang sama seperti kalian. Biasanya kebanyakan orang-orang bertanya di situs web tanya jawab stackoverflow.com


6). Bertanya ke orang lain di Internet.

Nah jika kalian sudah berusaha mencari-cari, namun tidak ketemu-temu solusi dari kesalahan yang muncul.Kalian bisa bertanya dengan orang yang sudah ahli atau expert di Internet. Kalian bisa bertanya lewat grup facebook ,forum, dan lain-lain.


7) Bertanya di situs web tanya jawab stackoverflow


Jika tidak ada orang lain yang bisa ,membantu memecahkan kesalahan kalian. Kalian bisa inisiatif bertanya di situs web tanya jawab  stackoverflow. Disini kalian bisa mendaftar terlebih dahulu jika kalian tidak punya akunya. Pastinya jika kalian bertanya kalian harus menggunakan bahasa english yang jelas, agar orang lain di luar negeri sana, mengerti tentang kesalahan kalian. Pastikan juga kesalahan yang muncul saat kalian coding di Android Studio ,belum pernah ada yang menanyakan sebelumnya. Agar tidak di cap duplicate question.


Demikian tips dari saya , untuk mengatasi Stuck (Erorr) Saat Coding di Android Studio. Jika ada kekurangan kata mohon maaf, Terimakasih.


0 Komentar untuk "7 Tips Mengatasi Stuck(Erorr) Saat Coding di Android Studio"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->