Belajar Menggambar Objek Dasar di Adobe Flash CS6 Part 1 - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Android Java Online

Belajar Menggambar Objek Dasar di Adobe Flash CS6 Part 1

Oke ,setelah sebelumnya kita sudah belajar mengenal tentang Adobe Flash CS6 beserta tools penggunaanya. Setelah itu kita akan belajar menggambar objek-objek dasar  yang ada di Adobe Flash CS6. Objek-objek dasar ini contohnya seperti menggambar garis,kotak,lingkaran,bintang, lain-lain.

adobe flash,objek adobe flash,objek dasar adobe flash cs6,


Baca sebelumnya  : Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya



1. Menggambar garis

Untuk menggambar garis di Adobe Flash CS6 ,  bisa menggunakan Line tool dan juga bisa menggambar garis dengan variasi objek garis yang kalian inginkan.

-Pilih atau klik Line tool Line tool

-Perhatikan pada panel Properties lalu atur seperti pada gambar dibawah:

Panel Properties Line Tool Adobe Flash CS6
Panel Properties pada Line tool


Penjelasan:

Stroke color digunakan untuk memberi warna garis.

Stroke heigh digunakan untuk mengatur ketebalan garis.

Style digunakan untuk memilih jenis atau bentuk garis.

Cap digunakan untuk menentukan ujung garis.


Kalian bisa membuat garis sesuai dengan kreativitas atau imajinasi kalian.

Gambar Garis Line Tool Adobe Flash CS6
Contoh menggambar garis dengan Line tool

2. Menggambar Kotak

Untuk menggambar kotak , di Adobe Flash menyediakan dua fungsi tool yaitu Rectangle tool dan Primitive tool. 

-Pilih Rectangle tool Rectangle tool

-Perhatikan pada panel Properties ,lalu atur sesuai dengan kelengkungan sudut kotak dengan menentukan nilai pada rollout Rectangle Options.


Rectangle Tool Adobe Flash CS6
Properties Rectangle tool


-Kemudian klik tahan dan geser pada Stage sampai membentuk sebuah bentuk objek kotak.

Maka akan menghasilkan bentuk kotak seperti gambar di bawah :

Objek Kotak Adobe Flash CS6
Hasil dari Objek Rectangle tool





3. Menggambar Lingkaran

Untuk menggambar lingkaran  bisa menggunakan dua tool, yaitu Oval tool dan Primitive tool. Berikut langkah untuk menggambar lingkaran :


-Klik atau pilih Oval tool Oval tool Adobe Flash CS6

-Perhatikan pada panel Properties atur dan sesuaikan beberapa pengaturan pada rollout Oval Options seperti pada gambar dibawah:


Oval tool  Adobe Flash CS6
Properties Oval tool
Penjelasan:

Start Angle untuk memotong oval dari batas awal objek.

End Angle untuk memotong oval dari batas akhir objek.

Inner Radius untuk membentuk potongan dari pusat objek


-Kemudian klik tahan dan geser pada Stage sampai membentuk sebuah bentuk objek lingkaran.

Maka akan menghasilkan bentuk lingkaran seperti gambar di bawah :

Objek Oval tool Adobe Flash CS6
Hasil dari Objek Oval tool





0 Komentar untuk "Belajar Menggambar Objek Dasar di Adobe Flash CS6 Part 1"

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini

Back To Top
-->