Kenapa kita Harus Bermigrasi dari Eclipse ke Android Studio - Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online
Okedroid.com | Belajar Coding Aplikasi Java Android Online

Kenapa kita Harus Bermigrasi dari Eclipse ke Android Studio

Sudah sekian lama Eclipse dibuat dan didukung untuk membuat Aplikasi Android. Namun, sekarang masih banyak orang-orang atau para Developer Android yang membuat Aplikasi Android di Eclipse. Banyak faktor kenapa orang-orang masih belum beralih dari Eclipse ke Android Studio seperti faktor nyaman,user interface yang sudah biasa,tidak mau belajar lagi beradaptasi dengan IDE yang baru. Memang masih banyak juga alasan-alasan yang lain yang menentukan kenapa orang-orang masih belum move-on ke Android Studio.Padahal sekarang Eclipse sudah tidak lagi di Support dan di dukung oleh Google. Dan juga untuk SDK toolsnya terhenti sampai versi  Android 4.4 Kitkat. Nah tapi saat kalian menginstall Android Studio 1.0 kalian sudah dapat SDK tools Android 5.0 Lollipop. 

ADT Eclipse ke Android Studio
Eclipse to Android Studio
Kenapa kalian harus segera beralih dari Eclipse ke Android Studio? 
Berikut alasan-alasanya:



  • Eclipse sudah tidak disupport Google lagi


 Seperti yang tadi saya bicarakan Eclipse atau bisa juga  disebut (ADT) Android Developer Tools sudah tidak di support lagi dan Android sudah memiliki IDE resmi sendiri yaitu Android Studio yang ditandai dengan versi Android Studio 1.0 , setelah sebelumnya dalam tahap beta namun sekarang sudah dirilis secara resmi oleh Google . Dan untuk SDK toolsnya hanya sampai versi Android 4.4 KitKat untuk Eclipse, sedangkan Android Studio sudah available Android 5.0 Lollipop.


Baca: Google kini Merilis Android Studio 1.0 setelah versi Beta  





  • Resource di Android Studio lebih ringan ketimbang Eclipse


Kalian mungkin sedikit kesal atau jengkel  lamanya loading saat kalian membuka Project Aplikasi di Eclipse, apalagi jika project atau folder kalian banyak  penuh dengan library-libray. Namun itu tidak saat kalian membuka Android Studio, saat kalian membukanya resource lebih ringan ketimbang Eclipse. Hal ini  dikarenakan , kita hanya memuat satu Project Aplikasi di Android Studio dan jika kalian ingin membuat New Project Android Studio akan membuat jendela baru secara terpisah.



 Android Studio User Interface
User Interface Android Studio





  •  Multi Screen dan User Interface yang nyaman 


Menurut saya User Interface di Android Studio lebih nyaman dilihat ,saat kita duduk berlama-lama di menatap layar monitor Komputer. Dan juga navigasi menu yang mudah di akses oleh siapa saja yang ingin membuat Aplikasi dari IDE resmi Android ini. Dengan dukungan Multi Screen juga kita bisa sekaligus membuat Aplikasi untuk beberapa layar perangkat device seperti Smartphone , Tablet, Android Wear dan juga Smart Tv.


Baca juga : Spesifikasi Komputer Untuk Menjalankan Android Studio


Demikian mungkin itu saja, salah satu keunggulan atau kelebihan yang dimiliki Android Studio.Jadi tidak ada salahnya sekarang ,kalian mulai beralih menggunakan Android Studio sebagai IDE di Komputer kalian untuk membuat dan mengembangkan Aplikasi Android.

0 Komentar untuk "Kenapa kita Harus Bermigrasi dari Eclipse ke Android Studio "

Silakan berkomentar sesuai dengan Postingan/Artikel yang di bahas.
Jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP

Back To Top
-->